4 Teknik Mudah Relaksasi untuk Mengatasi Stress

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 02 November 2022
0 dilihat
4 Teknik Mudah Relaksasi untuk Mengatasi Stress
Untuk mengendalikan stress dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan teknis relaksasi tertentu. Foto: Repro Pixabay.com

" Stress menjadi kondisi mental yang sering dialami seseorang dalam kondisi tertentu, khususnya saat menghadapi masalah atau tertekan "

KENDARI, TELISIK.ID - Stress menjadi kondisi mental yang sering dialami seseorang dalam kondisi tertentu, khususnya saat menghadapi masalah atau tertekan.

Dikutip dari alodokter.com, stress merupakan kondisi yang sangat umum terjadi. Dalam kondisi normal, stres bisa memberikan dampak positif, misalnya membantu Anda bekerja lebih cepat ketika harus menyelesaikan tugas sebelum tenggat waktu.

Namun, stress juga bisa berdampak negatif bila sering terjadi, berkepanjangan, atau dibiarkan tanpa penanganan.

Stres yang berkepanjangan bisa memicu berbagai penyakit. Ketika stress, tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi lebih cepat. Hormon-hormon tersebut juga bisa membuat Anda merasa mudah lelah.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini 7 Tips Menghangatkan Makanan

Olehnya itu penting untuk mengetahui cara mengatasi stres dengan cara yang sederhana agar produktivitas bisa terjaga setiap hari.

Melansir yoursay.id dari alodokter.com, berikut beberapa teknik relaksasi untuk mengatasi stress dengan cara yang sederhana:

1. Latihan pernapasan

Teknik pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah latihan pernapasan. Caranya yaitu tempatkanlah diri anda secara nyaman, bisa dalam posisi duduk, berdiri, atau berbaring.

Setelah anda menemukan posisi yang nyaman, pejamkan mata anda, lalu tarik napas yang panjang dan hembuskan melalui hidung atau mulut dengan perlahan.

2. Yoga

Dengan melakukan peregangan dan latihan pernapasan dalam yoga, mampu membuat perasaan anda jauh lebih nyaman dan tenang sehingga bisa mengatasi stress yang mungkin sedang anda alami.

Anda bisa melakukan yoga di rumah dengan menggunakan matras di atas lantai sambil menyetel video secara online dan mengikuti setiap gerakannya. Biasakanlah setiap hari agar hasilnya bisa lebih nampak dan maksimal.

3. Terapi musik

Lakukanlah relaksasi sambil mendengarkan musik kesukaan anda. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa musik mampu memperbaiki suasana hati dan bisa mengurangi tekanan darah.

Baca Juga: 6 Cara Alami Usir Lalat di Rumah, Dijamin Ampuh

Musik yang pelan juga bisa mempengaruhi pikiran anda menjadi lebih rileks dan tenang.

4. Meditasi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa meditasi mampu mengendalikan stress jika dilakukan secara rutin setiap hari.

Cara melakukan meditasi untuk mengatasi stres cukup mudah, anda hanya perlu duduk dengan melipat kaki di lantai lalu pejamkan mata. Buatlah diri anda menjadi tenang sambil mencoba memusatkan perhatian anda terhadap sesuatu hal.

Lakukanlah beberapa teknik relaksasi untuk mengatasi stress di atas secara rutin jika anda sedang merasakan beban pikiran yang berat. Namun, jika dirasa tingkat stres anda sudah tidak bisa ditolerir, jangan ragu untuk segera menemui profesional yang bisa membantu anda keluar dari zona stress yang mengganggu pikiran anda.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengendalikan stress. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga