Jangan Salah, Ini 7 Tips Menghangatkan Makanan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 01 November 2022
0 dilihat
Jangan Salah, Ini 7 Tips Menghangatkan Makanan
Menghangatkan makanan sisa punya cara tertentu agar bisa kembali dimakan dengan enak. Foto: Repro google.com

" Makanan yang tidak habis biasanya disimpan untuk dimakan hari esok. Ketika hendak kembali mau dimakan, makanan itu harus dihangatkan terlebih dahulu "

KENDARI, TELISIK.ID - Makanan yang tidak habis biasanya disimpan untuk dimakan hari esok. Ketika hendak kembali mau dimakan, makanan itu harus dihangatkan terlebih dahulu.

Namun agar makanan sisa tersebut bisa terasa nikmat saat kembali dimakan, perlu mengetahui cara yang tepat untuk memanaskan makanan.

Melansir Suara.com dari Times of India dan hellosehat.com, berikut beberapa cara menghangatkan makanan yang perlu diketahui:

1. Pastikan makanan benar-benar panas

Ini bukan cuma soal menghangatkan makanan selama 30 detik atau lebih, melainkan proses rumit di mana makanan harus sepanas saat awal Anda memasaknya. Pastikan makanan dalam keadaan panas dan setelahnya segera dikonsumsi guna memastikan tidak ada ruang bagi bakteri untuk berkembang biak.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini 7 Tips Menghangatkan Makanan

2. Dinginkan sebelum dipanaskan

Sebelum dihangatkan kembali untuk waktu makan berbeda, biarkan makanan mendingin setidaknya selama dua jam setelah dimasak. Tutup makanan dan dinginkan setelah makanan mencapai suhu kamar normal.

Trik yang sama diterapkan ketika makanan dipanaskan kembali pada hari lain. Keluarkan makanan dari lemari es dan biarkan makanan mencapai suhu ruangan, lalu panaskan kembali dalam microwave atau di atas wajan.

3. Jangan melakukannya berulang kali

Ini bisa membuat makanan kehilangan nutrisinya dan meningkatkan risiko keracunan makanan. Itulah mengapa para ahli menyarankan untuk memanaskan makanan sekali saja pada suhu yang tepat.

4. Menghangatkan kembali makanan beku

Makanan beku aman dikonsumsi jika Anda mengolahnya dengan benar. Tantangan terbesarnya adalah butuh lebih banyak waktu untuk memanaskan makanan beku. Pastikan Anda mencairkan makanan beku terlebih dahulu agar bisa memanaskannya kembali dengan benar.

Anda bisa memasak tanpa melalui proses pencairan, tetapi ingatlah untuk tetap meluangkan lebih banyak waktu saat memanaskan makanan beku.

5. Panaskan kembali dalam porsi lebih kecil

Ini penting jika Anda menghangatkan makanan menggunakan microwave. Hasilnya mungkin saja tidak merata, jadi salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah menjadikan makanan tersebut potongan-potongan kecil atau memanaskannya dalam porsi kecil.

6. Pastikan suhu kulkas sudah cukup dingin

Periksa kulkas Anda dan pastikan suhunya sudah cukup dingin sebelum menyimpan makanan. Langkah ini amat penting karena tidak semua kulkas dan freezer memenuhi standar suhu untuk menyimpan makanan yang tersisa.

Suhu lemari pendingin sebaiknya berkisar antara 4-5 derajat Celsius, sedangkan suhu freezer ada pada angka -18 derajat Celsius. Jika Anda tidak tahu cara mengukur suhu kulkas di rumah, coba gunakan termometer untuk memastikannya.

Baca Juga: 6 Cara Alami Usir Lalat di Rumah, Dijamin Ampuh

7. Gunakan alat yang tepat untuk memanaskan makanan sisa

Hindari penggunaan alat masak yang memakan waktu. Sebagai gantinya, panaskan makanan dalam microwave dengan suhu tinggi agar kembali hangat dengan cepat. Jika Anda ingin memanaskan makanan berkuah, gunakanlah panci yang panas.

Pada dasarnya, Anda bisa menggunakan alat dan metode apa pun untuk memanaskan makanan yang disimpan di kulkas. Namun, pastikan suhu alat masak sudah cukup panas agar makanan tersebut tidak terlalu lama berada dalam suhu ruang.

Nah, itulah beberapa tips untuk menghangatkan kembali makanan agar lebih nikmat. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga