5 Cara Mudah Atasi Pegal Kaki di Rumah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 14 Desember 2022
0 dilihat
5 Cara Mudah Atasi Pegal Kaki di Rumah
Memang hal yang wajar, tapi pegal kaki ini harus segera diatasi karena akan mengganggu aktivitas hari-hari. Foto: Repro Mindful Media

" Kaki terasa pegal menjadi salah satu kondisi Kesehatan yang seringkali dialami seseorang. Memang hal yang wajar, tapi pegal kaki ini harus segera diatasi karena akan mengganggu aktivitas hari-hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Kaki terasa pegal menjadi salah satu kondisi Kesehatan yang seringkali dialami seseorang. Memang hal yang wajar, tapi pegal kaki ini harus segera diatasi karena akan mengganggu aktivitas hari-hari.

Dikutip dari alodoter.com, pegal kaki dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi. Salah satu yang paling sering adalah kaku otot setelah berolahraga atau mengangkat beban berat.

Gangguan aliran darah yang disebabkan oleh berdiri atau duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan pegal kaki. Selain itu, kurangnya asupan cairan dan nutrisi juga mungkin untuk memicu terjadinya keluhan pegal kaki dan kaki kram.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi rasa pegal di kaki dengan cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Sebab kalau tidak diatasi segera mungkin, meski memang akan hilang dengan sendiri, tapi kondisi ini cukup mengganggu aktivitas hari-hari.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Redakan Cegukan Anak Tanpa Obat

Melansir yoursay.id yang merangkum dari Alodokter, berikut beberapa cara mengatasi rasa pegal di kaki dengan cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah:

1. Melakukan istirahat yang cukup

Apabila mengatasi pegal kaki sebaiknya melakukan istirahat yang cukup dengan cara merebahkan tubuh dan juga meluruskan bagian kaki. Kemudian bisa melakukan posisi kaki lebih tinggi daripada bagian kepala untuk dapat mengurangi rasa pegal pada kaki tersebut.

2. Melakukan peregangan dan pemijatan

Apabila kamu mengalami rasa pegal pada kaki yang disebabkan oleh kaku otot,ini bisa diatasi dengan melakukan peregangan. Selain itu, juga bisa dengan memberikan pijatan lembut pada kaki supaya otot melemas dan rasa tidak nyaman berkurang.

3. Melakukan kompres dingin

Saat kaki pegal dengan kondisi yang parah hingga kaki terasa panas dan berdenyut-denyut, hal ini bisa diatasi dengan mengompres kaki menggunakan kantung es atau handuk basah yang didinginkan.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Atasi Telinga Tersumbat secara Alami

4. Menggunakan obat pereda nyeri

Apabila rasa pegal pada kaki belum juga mereda bisa diatasi dengan menggunakan cara yang sederhana yakni mengonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen, paracetamol, atau aspirin.

5. Obat topical

Selain minum obat pereda nyeri, bisa juga dengan menggunakan obat topikal atau oles yang mengandung capcaisin atau pereda nyeri guna mengatasi masalah pegal kaki ini.

Adanya sensasi panas dari penggunaan obat topikal ini mampu melemaskan otot dan juga meredakan rasa sakit yang muncul. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga