5 Tips Mengatur Keuangan Ala Orang Jepang, Bisa Dicoba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 26 Januari 2023
0 dilihat
5 Tips Mengatur Keuangan Ala Orang Jepang, Bisa Dicoba
Metode pengaturan keuangan yang cukup terkenal dan banyak dilakukan para ibu rumah tangga di Jepang bernama kakeibo. Foto: sribuu.id

" Salah satu kemampuan yang harus dimiliki dalam hidup adalah menajemen atau mengatur keuangan. Banyak cara bisa dilakukan untuk mengatur keuangan ini, di antaranya ala orang jepang "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kemampuan yang harus dimiliki dalam hidup adalah menajemen atau mengatur keuangan. Banyak cara bisa dilakukan untuk mengatur keuangan ini, di antaranya ala orang jepang.

Mengatur keuangan ala orang jepang yang dimaksud adalah kakeibo. Dikutip dari kemenkeu.go.id, ada sebuah metode pengaturan keuangan yang cukup terkenal dan banyak dilakukan para ibu rumah tangga di Jepang bernama kakeibo, yang artinya buku besar atau catatan keuangan rumah tangga.

Metode ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1904 oleh seorang jurnalis bernama Makoto Hani. Di tahun 2017, metode ini kembali dipopulerkan melalui sebuah buku yang ditulis oleh Fumiko Chiba berjudul Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money.

Fumiko percaya bahwa metode kakeibo dapat mengubah pandangan kita terhadap uang dan membuat kita jadi lebih wawas dalam mengelola keuangan.

Baca Juga: 3 Cara Jitu Agar Lebih Tegas pada Diri Sendiri

Melansir yoursay.id dari satupersen.net, berikut beberapa cara mengatur keuangan ala orang Jepang dengan metode Kakeibo:

1. Tentukan tujuan 

Setiap orang patsinya memiliki tujuan. Seperti saat kamu ingin membuat rumah maka buatlah tabungan khusus untuk dapat mencapai tujuan tersebut.  

Kamu juga dapat membuat solusi yang dapat dilakukan untuk mecapai tujuan tersebut seperti mengurangi kebiasaan minum kopi kekinian atau mengurangi check out barang di e-commerce.

2. Menyiapkan catatan untuk pembukuan

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah mencatat pembukuan baik secara manaul dengan buku, spreadsheet di laptop, atau aplikasi pengatur keuangan di handphonemu.

Dengan menuliskan pembukuan kamu dapat memantau keuangan secara langsung dan berkala, sehingga akan lebih terkontrol dalam menggunakan uang.

Mencatat pembukuan ini memiliki banyak manfaat karena menuliskan pengeluaran dan pemasukan yang kamu lakukan.

Dengan cara ini kamu dapat menyeleksi hal yang perlu menjadi prioritas kebutuhan dan yang harus dihilangkan atau dikurangi.

3. Kategorikan pengeluaran agar kamu tidak asal membeli sesuatu

Dalam metode Kakeibo kita dapat mencatat pengeluaran ke dalam empat kategori, yaitu kebutuhan, keinginan, biaya tak terduga, dan hiburan.

Dengan membagi pengeluaran ke dalam empat kategori ini dapat menjadikan kamu lebih mudah untuk mengatur keuangan dari yang menajdi prioritas kebutuhan hingga sekadar keinginan semata. 

Untuk kategori pengeluaran kebutuhan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan primer sehari-hari seperti kebutuhan rumah tangga, biaya pendidikan, ongkos transportasi sehingga kategori ini harus menjadi prioritas.

Kategori pengeluaran keinginan merupakan hal yang opsional seperti membeli make up atau minum kopi kekinian. Tapi ingat kamu harus memberi batasan pada dirimu sendiri agar tidak terlena.

Kategori pengeluaran hiburan sebagai bentuk menghilangkan stres seletah sibuk bekerja. Di era digital ini hiburan tidak harus pergi ke suatu tempat yang mana memakan biaya lebih mahal. Kamu dapat berlangganan streaming film untuk menghemat uang.

Terakhir, kategori pengeluaran biaya tak terduga, merupakan cadangan bila terjadi sesuatu diluar kendali kita, seperti sakit yang harus dirawat di rumah sakit. 

4. Mengecek pengeluaran mingguan

Selain itu, perlunya mengecek pengeluaran mingguan agar pengeluaran tidak membengkak melebihi budget yang ditetapkan. Tahap ini sebagai pengingat apabila kamu lalai, sehingga kamu tidak mengulainya lagi.

Salah satu tips yang bisa digunakan adalah mengumpulkan nota belanja untuk kamu cek kembali apakah kamu sudah membeli sesuai kebutuhan atau hanya keinginan.

Baca Juga: 8 Tips Ampuh Mencegah Bahaya Angin Malam

5. Tentukan budget bulanan yang dikeluarkan

Menentukan budget bulanan menjadi salah satu cara mengatur keuangan. Tentukan budget bulanan di awal bulan dengan cara melihat pengeluran bulan lalu sebagai referensi, tetapi pastikan harus sesuai prioritas kebutuhan jangan sampai budget bulananmu melebihi penghasilan.

Pastikan selama satu bulan jangan mengabil uang dari tabungan yang kamu punya, konsisten dengan budget awal bulan yang sudah kamu buat.

Itulah beberapa cara yang dilakukan orang Jepang untuk mengatur keuangan. Nah, cara ini dapat Telisikers coba, tapi ingat cara ini tidak akan berhasil bila kamu tidak konsisten dan disiplin dalam menerapkannya. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga