5 Tips Aman Naik Motor Saat Hujan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 07 Maret 2023
0 dilihat
5 Tips Aman Naik Motor Saat Hujan
Kita perlu mengetahui tips aman berkendara saat hujan agar bisa sampai tujuan dengan selamat. Foto: portalmadura.com

" Kondisi cuaca seringkali kurang bersahabat, salah satunya ketika hujan deras terjadi. Maka bagi pengendara motor, perlu memperhatikan beberapa hal agar aman berkendara saat hujan "

KENDARI, TELISIK.ID - Kondisi cuaca seringkali kurang bersahabat, salah satunya ketika hujan deras terjadi. Maka bagi pengendara motor, perlu memperhatikan beberapa hal agar aman berkendara saat hujan.

Pada umumnya, dikutip dari nissan.co.id, jika di bandingkan dengan musim kemarau, berkendara saat hujan membutuhkan fokus dan konsentrasi ekstra.

Jalanan licin dan genangan air tinggi kerap menjadi kendala. Belum lagi jika curah hujan sedang tinggi, kemungkinan besar jarak pandang selama berkendara pun akan terbatas.

Agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan dan bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat, kita perlu mengetahui tips aman berkendara saat hujan.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tetap Aman Saat Angin Kencang

Melansir motorplus-online.com dari Yamaha Riding Academy (YRA), berikut beberapa tips yang bisa dijalani oleh pengendara motor saat menghadapi kondisi hujan di jalanan:

1. Gunakan Safety Gear Yang Tepat

Saat mengendarai motor, pastikan kondisi setelan model jas hujan (atasan dan bawahan). Begitu juga dengan helm dengan visor bening

Sebisa mungkin juga menggunakan sepatu anti air/karet dan sarung tangan.

2. Atur Penggunaan Rem

Lakukan pengereman dengan halus dan perlahan, karena saat kondisi hujan traksi atau daya cengkram roda terhadap permukaan jalan yang basah menjadi berkurang.

Sehingga untuk menghindari geser atau gesekan saat melakukan pengereman atur tekanan rem dan menjaga jarak pengereman agar motor lebih mudah dikendalikan.

3. Jaga Jarak Aman

Berkendara dalam kondisi hujan atau jalan yang basah diperlukan jarak yang aman untuk menghindari kecelakan, dikarenakan jalan lebih licin sehingga traksi/daya cengkram pada roda motor berkurang.

Baca Juga: 5 Hal Ini Wajib Dipersiapan Agar Aman Saat Mati Lampu

4. Selalu Waspada

Berusaha untuk tetap fokus terhadap sekitar kita, baik itu kendaraan lain, jalan yang berlubang dan ada orang yang menyebrang, dengan tetap waspada serta menjaga fokus akan membantu pengendara untuk mengatur kecepatan pada kecepatan yang aman.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk menghindari potensi bahaya berkendara sepeda motor saat kondisi hujan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga