4 Tips Atasi Bau tidak Sedap pada Helm

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 22 April 2024
0 dilihat
4 Tips Atasi Bau tidak Sedap pada Helm
Bau tak sedap pada helm membuat berkendara tidak nyaman. Foto: Repro krakenimages.com/ Freepik

" Bau tidak sedap pada helm biasanya disebabkan oleh endapan keringat, debu, atau kotoran yang seringkali menempel di kepala atau penutup kepala yang dikenakan sebelum memasang helm "

KENDARI, TELISIK.ID - Helm menjadi barang yang penting bagi pengendara motor. Maka penting untuk mencegah bau tidak sedap pada helm agar berkendara terasa aman dan nyaman.

Pada umumnya, dikutip dari katadata.co.id, akibat digunakan untuk beraktivitas sehari-hari, helm sangat rentan terhadap bau tidak sedap.

Bau tidak sedap ini biasanya disebabkan oleh endapan keringat, debu, atau kotoran yang seringkali menempel di kepala atau penutup kepala yang dikenakan sebelum memasang helm.

Helm juga merupakan benda yang tidak mudah untuk dibersihkan. Mengingat helm memiliki rangka yang kokoh, sehingga memerlukan waktu untuk membongkar untuk memeriksa kotoran yang menempel di permukaan hingga dalam helm.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui tips mencegah bau tidak sedap pada helm agar berkendara terasa aman dan nyaman.

Melansir daya-motora.com, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah sekaligus menghilangkan bau tidak sedap pada helm:

1. Cuci helm secara rutin

Tips yang pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah helm berbau tidak sedap adalah dengan mencucinya secara rutin.

Baca Juga: 4 Cara Atasi Rasa Dendam pada Orang Lain

Apalagi saat ini helm standar keluaran terbaru memiliki fitur washable atau mudah dilepas bagian busa dan kainnya, sehingga memudahkan untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh.

Saat mencucinya, gunakan sabun pencuci sebagai media pembersih helm. Kemudian sikat bagian yang terkena kotoran atau bagian yang sering terkena keringat dan keringkan dengan hair dryer atau bisa juga dikeringkan di tempat yang aman dan disarankan untuk tidak mengeringkannya secara langsung di bawah sinar matahari.

2. Simpan helm di tempat yang tepat saat parkir

Ketika parkir, helm seringkali basah karena terkena hujan biasanya akibat tidak disimpan di tempat yang tepat. Helm yang ditaruh di atas motor begitu saja seperti digantung atau dikaitkan pada spion menyebabkan air masuk ke bagian dalam sehingga membuat udara di dalam helm menjadi lembab dan berkembangnya kuman dan bakteri penyebab bau tidak sedap.

Olehnya karena itu, penting untuk selalu menyimpan helm di tempat yang tepat saat parkir, apalagi jika harus berlama-lama, seperti disimpan di dalam bagasi, atau disimpan difasilitas tempat penitipan helm jika berada di parkiran umum.

Ini penting dilakukan agar helm tetap kering dan bersih juga terjaga dari aksi pencurian.

3. Gunakan spray pewangi helm

Tips berikutnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi bau tidak sedap pada helm adalah gunakan pewangi helm.

Baca Juga: 5 Tips Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran

Saat ini banyak tersedia parfum atau spray pewangi helm. Hal ini tentunya selain untuk mencegah helm menjadi lembab ketika basah, juga untuk membuat bagian dalam helm menjadi wangi dan nyaman saat digunakan.

4. Hindari menjemur helm basah di bawah sinar mata hari langsung

Salah satu kebiasaan ketika helm yang basah setelah digunakan saat hujan,l adalah mengeringkannya dengan cara dijemur di bawah matahari secara langsung.

Hal ini wajar dilakukan untuk mengeringkan helm. Tapi ternyata langkah tersebut tidak tepat menjemur helm secara langsung di bawah matahari karena tidak akan menghilangkan bau, justru akibat kotoran yang menempel pada kain dan busa helm akan mengeras secara tiba-tiba dan berpotensi merusak bagian tersebut.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah bau tidak sedap pada helm. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga