4 Tips Penting Modifikasi Sepeda Motor

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 13 Desember 2022
0 dilihat
4 Tips Penting Modifikasi Sepeda Motor
Pada kendaraan modifikasi, perubahan yang dilakukan tidak menyeluruh, melainkan hanya pada beberapa bagian bodi kendaraan saja. Foto: Repro google.com

" Salah satu kebiasaan yang dilakukan seseorang terhadap keberadaan yang dimilikinya adalah modifikasi. Hal ini dilakukan untuk merubah sebagian kendaraan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kebiasaan yang dilakukan seseorang terhadap keberadaan yang dimilikinya adalah modifikasi. Hal ini dilakukan untuk merubah sebagian kendaraan.

Melansir Suara.com dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian modifikasi yaitu pengubahan. Artinya, pengubahan dari bentuk semula.

Adapun pengertian modifikasi motor yaitu pengubahan yang dilakukan pada kendaraan motor dari bentuk standar pabrik.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Redakan Cegukan Anak Tanpa Obat

Pada kendaraan modifikasi, perubahan yang dilakukan tidak menyeluruh, melainkan hanya pada beberapa bagian bodi kendaraan saja.

Selain itu, modifikasi pada kendaraan (motor atau mobil) dilakukan menggunakan barang jadi atau aftermarket.

Jika kamu suka modifikasi motor, ada baiknya mengetahui apa saja yang harus diperhatikan agar tidak asal-asalan.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan ketika memodifikasi kendaraan seperti sepeda motor:

1. Sesuaikan dengan budget

Modifikasi kendaraan tentu saja membutuhkan biaya. Biaya yang dikeluarkan bisa sedikit namun bisa juga sangat banyak, tergantung bagaimana perubahan yang kita lakukan.

Maka dari itu, kita harus menyesuaikan perubahan atau modifikasi yang kita lakukan pada kendaraan kita dengan budget yang kita miliki.

Lebih baik lakukan modifikasi kecil atau sederhana namun tuntas daripada modifikasi yang mewah namun tanggung atau tidak selesai karena kehabisan biaya.

2. Buat konsep atau tema

Ada berbagai macam konsep atau tema dalam memodifikasi kendaraan. Sebut saja thailook, klasik, dan berbagai konsep lainnya. Kita perlu membuat konsep atau tema terlebih dahulu.

Hal ini agar perubahan yang kita buat pada setiap bagian memiliki hubungan atau keserasian. Hal ini akan membuat modifikasi kita menjadi terarah dan hasionya juga akan lebih baik.

3. Jangan melanggar peraturan lalu lintas

Kendaraan bermotor yang lalu lalang di jalan harus selalu mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Maka dari itu ketika kita hendak memodifikasi kendaraan kita, maka kita harus memperhatikan hal tersebut.

Jangan sampai modifikasi yang kita lakukan melanggar peraturan. Hal ini tentu saja akan merugikan diri kita sendiri karena bisa ditilang ketika dikendarai di jalanan.

Beberapa jenis perubahan yang dilarang antara lain merubah warna utama. Misalnya di STNK kendaraan kita memiliki warna hitam, maka kita tidak boleh mengubahnya menjadi warna lain. Lalu kita juga tidak boleh mengganti knalpot menjadi lebih bising.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Atasi Telinga Tersumbat secara Alami

4. Jangan lupakan kegunaan

Meskipun kita ingin membuat kendaraan kita menjadi lebih menarik secara penampilan, namun jangan sampai kita melupakan aspek kegunaan atau fungsi dari kendaraan itu sendiri.

Karena bagaimanapun juga fungsi utama kendaraan adalah sebagai alat transportasi, maka kendaraan kita harus tetap bisa kita kendarai dengan nyaman dan aman. Kecuali jika kendaraan tersebut hanya kita jadikan sebagai pajangan atau untuk ikut kontes modifikasi saja.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk modifikasi kendaraan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga