7 Tips Produktif Bekerja saat Berpuasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 12 Maret 2024
0 dilihat
7 Tips Produktif Bekerja saat Berpuasa
Berpuasa bukanlah penghalang untuk tetap menjaga produktivitas setiap hari, termasuk saat bekerja. Foto: Repro Freepik.com/Odua

" Penting mengetahui tips untuk tetap produktif bekerja meski sedang berpuasa "

KENDARI, TELISIK.ID - Banyak yang menganggap puasa sebagai alasan ketika produktivitas bekerja menurun dibanding di luar bulan Ramadan, saat tidak berpuasa. Namun seharusnya, puasa bukanlah penghalang untuk tetap menjaga produktivitas setiap hari, termasuk saat bekerja.

Dikutip dari alodokter.com, bekerja saat puasa memang memiliki tantangan tersendiri, terutama bagi pekerja lapangan atau yang harus menempuh perjalanan jauh untuk sampai ke kantor.

Pola makan dan tidur akan mengalami perubahan selama menjalani puasa Ramadan. Kamu hanya bisa makan dan minum pada dini hari saat sahur dan saat berbuka puasa di malam hari, sementara waktu tidur mungkin akan berkurang.

Olehnya itu, penting mengetahui tips untuk tetap produktif bekerja meski sedang berpuasa. Dilansir dari djkn.kemenkeu.go.id, berikut beberapa tips aga tetap produktif meski sedang berpuasa:

1. Sahur dan Berbuka Puasa Cukup

Mengonsumsi makanan sehat saat berpuasa sangat penting. Saat sahur dan berbuka, prioritaskan makanan yang kaya akan air dan seimbang nutrisinya, termasuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Pastikan asupan serat yang cukup untuk menjaga kesehatan dan produktivitas tubuh, serta perhatikan kebutuhan cairan saat berpuasa. Hindari makan berlebihan yang dapat menyebabkan kantuk dan menurunkan energi.

2. Mengatur Jadwal

Untuk menghindari rasa malas saat bekerja selama puasa, aturlah jadwal kerja seefisien mungkin. Hal ini akan membantumu tetap fokus pada tugas-tugas yang harus diselesaikan tanpa terganggu oleh rasa haus dan lapar.

Baca Juga: 5 Tips UMKM Mendongkrak Penjualan Online di Bulan Ramadan

Dengan menjadwalkan aktivitas dengan baik, kamu dapat mengatur waktu dengan efektif dan memprioritaskan tanggung jawab sesuai jadwal yang telah disusun.

3. Manfaatkan Waktu Rehat

Manfaatkanlah waktu istirahat sebagai cara untuk menjaga semangat bekerja selama puasa. Meskipun waktu istirahat di bulan Ramadan terbatas, tetaplah memanfaatkannya sebaik mungkin.

Setelah menyelesaikan ibadah, gunakanlah waktu rehat di siang hari untuk beristirahat sejenak. Ini akan membantu mengembalikan energi dan kesegaran tubuhmu. Dengan begitu, saat kembali bekerja, kamu akan lebih fokus dan semangat.

4. Mantapkan Niat dan Tekat

Memantapkan niat merupakan hal utama yang perlu dilakukan sebelum berpuasa. Karena hal ini akan membantu untuk menghadapi semua tantangan kala bekerja di bulan Ramadan. Ini juga bisa menjadi langkah yang penting untuk mencegah malas bekerja saat berpuasa. Maka dari itu, jangan lupa untuk selipkan niat dan tekat berpuasa saat beribadah. Dengan demikian, dijamin dalam menjalani puasa akan tetap bersemangat walaupun harus bertugas di bulan puasa ini.

5. Beri Jeda yang Cukup

Selanjutnya juga kita harus beri jeda yang cukup. Artinya adalah tidak perlu memaksakan diri. Ketika bekerja bisa beristirahat lebih sering jika memang pekerjaan tersebut sedang tidak memiliki deadline yang mepet.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Menghindari Asam Lambung Naik Saat Puasa Ramadan

Pada saat jeda tersebut bisa santai sedikit untuk mengistirahatkan pikiran selama beberapa menit lalu lanjut fokus menyelesaikan tugasnya.

6. Olahraga Ringan

Olahraga haruslah juga mesti tetap dilakukan meski sedang ibadah puasa. Tetap jalankan rutinitas olahraga seperti biasanya agar tetap sehat dan produktif di bulan Ramadan. Cari waktu yang sesuai untuk berolahraga menjelang buka puasa ataupun setelah buka puasa.

Hanya saha, saat akan melakukan olaraga, baiknya hindari olahraga yang memiliki intensitas yang menguras banyak energi. Usahakan olahraga dalam waktu singkat, tujuan utama agar tetap menjaga fisik ideal dan sehat untuk produktif saat bulan Ramadan.

7. Bangun Lebih Awal dan Tidur Tidak Larut Malam

Ketika sedang berpuasa dan besok harus bekerja, sebaiknya bangun sahur lebih awal dan konsumsi makanan bernutrisi. Akan tetapi, jangan langsung meneruskan tidur setelah sahur. Sebab, bisa ketinggalan waktu untuk salat subuh. Demikian juga pada malam hari sebaiknya tidur lebih cepat, karena besok harus bangun sahur.

Dengan tidur yang cukup akan mengembalikan stamina tubuh setelah beraktivitas penuh yang dapat membuat lebih bersemangat menjalankan pekerjaan sehari-hari.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan agar tetap produktif saat bekerja meski sedang beribadah puasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga