4,04 Ha Lahan Terbakar di Ogan Ilir Berhasil Dipadamkan

Marwan Azis, telisik indonesia
Senin, 26 Juli 2021
0 dilihat
4,04 Ha Lahan Terbakar di Ogan Ilir Berhasil Dipadamkan
Satgas gabungan berupaya memadamkan api yang membakar lahan seluas 4,04 hektar di wilayah Ogan Ilir, Sumsel. Foto: Ist.

" Satuan Tugas gabungan berhasil memadamkan titik api seluas 4,04 hektar di wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. "

OGAN ILIR, TELISIK.ID - Satuan Tugas (Satgas) gabungan berhasil memadamkan titik api seluas 4,04 hektar di wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

Peristiwa tersebut teridentifikasi pada Minggu (25/7/2021), sekitar pukul 19.00 WIB. Satgas melakukan pendinginan setelah pemadaman pada area terbakar.

Satgas yang terdiri dari unsur BPBD, Manggala Agni, TNI, Polri dan masyarakat dapat mengendalikan titik api setelah mendapatkan informasi dari masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Abdul Muhari, Ph.D. Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Senin (26/7/2021).

Baca juga: Kadis Dikbud Kolaka Ajukan Surat Pengunduran Diri, Ada Apa?

Baca juga: Mulai Hari Ini NTT Resmi Ikut Terapkan PPKM Level 4 di Tiga Daerah

Diungkapkan, dengan menggunakan jet shutter dan spray nozzle, para petugas memanfaatkan sumber air dari kanal untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Di samping itu, peralatan sederhana seperti gepyok juga didayagunakan. Satgas berhasil memadamkan api sekitar pukul 23.30 WIB," ujarnya.

Ia menuturkan, lokasi area terbakar berada dua kecamatan, yaitu Desa Ibul Besar I, Kecamatan Pemulutan dan Desa Palem Raya, Kecamatan Indralaya Utara.  Area lahan terbakar di Kecamatan Pemulutan lebih luas dibandingkan di Kecamatan Indralaya Utara.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir melaporkan, total luas lahan terbakar mencapai 4,04 Ha, dengan rincian 4 Ha di Kecamatan Pemulutan dan sisanya di Kecamatan Indralaya Utara.

"Petugas kepolisian masih melakukan penyelidikan atas penyebab terjadinya kebakaran di dua titik tersebut," terangnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga