5 Kebiasaan Ini Membuat Anak Tumbuh Tinggi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 12 Mei 2024
0 dilihat
5  Kebiasaan Ini Membuat Anak Tumbuh Tinggi
Sejumlah kebiasaan ternyata dapat membantu anak untuk tumbuh tinggi, baik dari segi aktivitas maupun konsumsi makanan dan minuman. Foto: Repro google.com

" Salah satu kebiasaan yang dapat membantu anak tumbuh tinggi adalah memperbanyak aktivitas di luar ruangan "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki tubuh yang tinggi menjadi keinginan sebagian orang. Ada kebiasaan yang bila sering dilakukan, akan membantu anak untuk tumbuh tinggi.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, pertumbuhan anak dapat dipantau dari tinggi badannya. Untuk memastikan anak tumbuh dengan baik, orang tua perlu mengetahui berapa tinggi badan anak yang ideal sesuai usianya.

Selain itu, orang tua juga sebaiknya mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk memaksimalkan pertumbuhan anak, agar dapat membantunya tumbuh dengan optimal.

Lantas, apa saja kebiasaan yang sebaiknya dilakukan untuk membantu tumbuh tinggi anak?

Melansir cnnindonesia.cim dari berbagai sumber, berikut beberapa kebiasaan yang bisa membuat anak tumbuh tinggi:

1. Perbanyak aktivitas luar ruangan

Kebiasaan pertama yang dapat membantu anak tumbuh tinggi adalah perbanyak aktivitas di luar ruangan. Hal ini karena aktivitas luar ruangan, terutama pagi hari, dinilai bagus untuk membantu pertumbuhan tinggi badan anak karena mendapat suplai vitamin D dari matahari.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Awet Muda

Diketahui, vitamin D ini dapat membantu tubuh dalam menyerap kalsium dari makanan yang dikonsumsi dan memperkuat komposisi tulang.

2. Konsumsi protein rendah lemak

Kebiasaan kedua yang dapat membantu anak tumbuh tinggi adalah berikan makanan protein rendah lemak. Hal ini karena untuk memiliki badan yang tinggi, dibutuhkan asupan bernutrisi tinggi, yaitu asupan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein tanpa lemak.

Nutrisi ini bisa didapatkan dari dada ayam, ikan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak. Dengan demikian, pastikan anak mendapatkan cukup protein karena protein membangun otot dan tulang.

3. Tidur cukup

Kebiasaan ketiga yang dapat membantu anak tumbuh tinggi adalah tidur cukup. Hal ini karena kebiasaan tidur cukup berkaitan pada pertumbuhan tinggi badan.

Untuk anak berusia 6-7 tahun disarankan tidur 9-10 jam per hari. Sementara anak usia 8-14 tahun tidur 8-9 jam per hari, sedangkan anak usia 15-18 tahun tidur 7- jam per hari.

4. Lengkapi kebutuhan vitamin dan mineral

Kebiasaan keempat yang dapat membantu anak tumbuh tinggi adalah dengan melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral. Hal ini karena anak membutuhkan kalsium, vitamin A, dan vitamin D yang berperan penting untuk pembentukan tulang.

Baca Juga: 8 Manfaat Hubungan Intim untuk Kesehatan Pasangan Suami Istri

Kebutuhan vitamin dan mineral anak dapat dipenuhi dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Pemberian suplemen juga bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada anak.

5. Olahraga

Kebiasaan keempat yang dapat membantu anak tumbuh tinggi adalah dengan rutin berolahraga. Hal ini karena olahraga intens melibatkan aktivitas fisik diklaim efektif membangun pertumbuhan otot dan kekuatan tulang secara optimal.

Adapun jenis olahraga yang bisa membuat tubuh tinggi, menurut hasil penelitian, adalah berenang, jogging, skipping, basket, voli, badminton, hingga melompat-lompat di atas trampolin.

Nah, itulah beberapa kebiasaan baik yang dapat dilakukan untuk membantu badan anak tumbuh tinggi. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga