5 Bahan Alami Pilihan untuk Redakan Sakit Perut

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 28 September 2022
0 dilihat
5 Bahan Alami Pilihan untuk Redakan Sakit Perut
Sakit perut dapat diatasi dengan beberapa cara, salah satunya dengan bahan alami. Foto: Repro klikdokter.com

" Berbagai cara bisa dilakukan untuk meredakan sakit perut saat menyerang, salah satunya dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar kita "

KENDARI, TELISIK.ID - Sakit perut seringkali dialami seseorang tanpa diketahui sebabnya. Hal ini pun akan mengganggu produktivitas harian.

Dikutip dari halodoc.com, sakit perut merupakan gejala yang bisa disebabkan oleh berbagai penyakit, dari yang paling ringan hingga relatif serius.

Pada umumnya sakit perut dapat dipicu karena diare, perut kembung, makanan yang terlalu pedas atau asam, dan lain-lain. 

Berbagai cara bisa dilakukan untuk meredakan sakit perut saat menyerang, salah satunya dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar kita.

Melansir alodokter.com, berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai obat sakit perut:

1. Jahe

Manfaat jahe untuk kesehatan ada beragam, salah satunya meredakan sakit perut. Ini karena jahe mengandung zat antiradang yang bisa mengurangi rasa nyeri.

Untuk mendapatkan manfaat jahe sebagai obat sakit perut, Anda bisa menyeduh jahe secukupnya ke dalam air mendidih. Selanjutnya, diamkan selama 5–10 menit. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan madu ke dalamnya.

Baca Juga: 5 Tahap Turunkan Berat Badan dalam Seminggu Ala Ade Rai

Meski berkhasiat untuk mengobati sakit perut, konsumsi air seduhan jahe tidak boleh melebihi 4 gelas per hari. Alih-alih menyembuhkan keluhan, hal ini justru bisa meningkatkan risiko terjadinya efek samping, seperti kram perut dan nyeri ulu hati.

2. Chamomile

Konsumsi teh chamomile juga diketahui dapat mengatasi sakit perut. Manfaat chamomile ini dapat diperoleh berkat sifat antiradang di dalamnya. Bahkan, kemampuan chamomile dalam meredakan nyeri diklaim sama dengan khasiat obat aspirin atau ibuprofen.

Meski bisa meredakan nyeri dengan baik, Anda tetap harus mengonsumsi teh chamomile secara hati-hati.

Anda pun dianjurkan untuk menghindari konsumsi teh ini bersamaan dengan obat pengencer darah atau OAINS guna menghindari interaksi obat.

3. Pepermin

Kandungan mentol yang terdapat dalam teh pepermin bisa berperan sebagai analgesik atau pereda nyeri, sehingga bisa dijadikan sebagai obat sakit perut alami.

Selain meredakan sakit perut, pepermin juga dapat mengatasi perut kembung. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi teh pepermin setelah selesai makan.

4. Jeruk nipis

Jika sakit perut yang Anda alami disebabkan oleh sembelit, jeruk nipis bisa menjadi pengobatan alami untuk mengatasinya. Konsumsi air jeruk nipis dapat meningkatkan pergerakan usus, sehingga feses lebih mudah dikeluarkan.

Baca Juga: Ini Tips Menu Sarapan Sehat ala dr Zaidul Akbar

Cara mendapatkan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan juga cukup mudah. Anda hanya perlu melarutkan 2 sendok teh perasan air jeruk nipis ke dalam air hangat, lalu minum secara perlahan.

5. Kayu manis

Kayu manis sudah lama dijadikan sebagai obat tradisonal untuk mengatasi sakit perut. Bahan makanan beraroma unik ini mampu mengurangi peradangan, sehingga dapat meredakan rasa sakit atau nyeri.

Meski diklaim bisa meredakan sakit perut, tanaman herba ini harus dikonsumsi sewajarnya. Anda hanya dianjurkan untuk mengonsumsi kayu manis sekitar ½ – 1 sendok teh per hari. Jika dikonsumsi secara berlebih, kayu manis bisa memicu iritasi pada mulut dan bibir, bahkan menurunkan kadar gula darah.

Nah, itulah beberapa pilihan obat sakit perut alami yang bisa Anda konsumsi untuk meringankan keluhan nyeri. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga