Catat, 5 Perubahan Kecil Ini Bisa Selesaikan Masalah Hidup Kamu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 12 Mei 2022
0 dilihat
Catat, 5 Perubahan Kecil Ini Bisa Selesaikan Masalah Hidup Kamu
Banyaknya masalah dalam hidup menyebabkan seseorang menjadi cemas, stres, bahkan depresi. Foto: Repro ekrut.com

" Banyaknya masalah di dalam hidup bisa memunculkan pikiran-pikiran negatif "

KENDARI, TELISIK.ID - Masalah dalam hidup adalah sesuatu hal yang sering terjadi. Hal ini pun normal saja bagi makhluk sosial.

Hanya saja masalah yang kita alami jangan sampai merusak hidup dan masa depan kita.

Mengutip merdeka.com, banyaknya masalah di dalam hidup bisa memunculkan pikiran-pikiran negatif yang menyebabkan seseorang menjadi cemas, stres, bahkan mengalami depresi obsesif.

Hal ini terjadi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pola pikir yang selalu negatif terhadap diri sendiri, dan lingkungan sekitar. Masalah berat ini jika tidak segera diatasi maka bisa memicu terjadinya gangguan serius, seperti depresi.

Melansir dari Healthline, depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan suasana hati yang terus mengalami tekanan dan kehilangan semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain itu, seseorang yang mengalami depresi juga tidak bisa membina hubungan baik dengan lingkungan sekitar.

Jangan memperbesar masalah. Jika masalah itu besar, kecilkan. Jika masalah itu kecil, jangan dibesar-besarkan. Banyak perubahan yang bisa membuat kita menjadi lebih baik lagi.

Melansir yoursay.id, berikut 5 hal yang bisa mengecilkan masalah yang sedang kamu hadapi:

1. Berhenti menggunakan kata-kata negatif

Saat kamu dihadapkan dengan masalah, apalagi masalah besar, jangan sampai mengatakan hal-hal negatif kepada dirimu. Justru hal ini akan membuat masalahmu semakin besar dan sulit memfokuskan diri untuk menyelesaikannya.  

Katakan hal positif kepada dirimu bahwa kamu mampu untuk menyelesaikannya.  Percaya dan yakinkan dirimu jika kamu mampu menyelesaikannya dengan baik. 

2. Jangan terlalu serius dalam menjalani hidup

Menjalani hidup memang harus penuh dengan kesungguhan. Tapi jangan terlalu serius dalam menjalaninya. Jika kamu terlalu serius, kamu akan mudah stress dan segala hal yang tidak perlu kamu pikirkan, akan menjadi beban pikiranmu. Pelan tapi pasti.

Baca Juga: Mengenal Depresi Perinatal yang Sering Diabaikan Sebelum dan Sesudah Ibu Lahiran

Tertawalah bersama teman-temanmu dan ada kalanya kita harus menjadi orang yang bodoh untuk menertawakan hal-hal kecil sebagai modal bahagia. 

3. Syukuri hal-hal sederhana

Bahagia akan selalu hadir dalam kehidupan kita. Namun, kadangkala kita buta dan merasa sebagai orang paling menderita.

Padahal banyak hal-hal sederhana yang tidak kamu lihat justru menjadi hal yang membahagiakan. Contohnya hari ini kamu masih bisa bernafas dan merasakan hangatnya mentari. 

4. Kamu tidak harus menang dan selalu benar

Manusia itu wajar jika melakukan kesalahan. Perbaikilah itu dan jangan mengulanginya lagi. Saat kamu kalah dalam suatu pertandingan, itu bukan hal yang buruk.

Kita tidak harus selalu menjadi nomor satu dalam segala hal. Justru kekalahan bisa membuat kita menjadi lebih giat untuk berjuang dan tidak menjadi orang yang sombong.  

5. Jangan membenci siapa pun

Tidak semua orang bertingkah sesuai apa yang kita inginkan. Saat kamu merasa tidak diperlakukan baik oleh mereka, membencinya adalah keputusan yang salah. Kebencian membuat energi kita habis dengan sia-sia.

Baca Juga: Awas, 5 Penyakit Ini Sering Terjadi Usai Lebaran

Orang yang kamu benci tidak merasa rugi sama sekali, justru kita yang rugi. Maafkanlah mereka dan milikilah suka toleransi kepada siapa saja.

Hal-hal kecil yang tidak sekecil itu untuk dilakukan. Mungkin terkadang sangat sulit melakukannya, tapi tetaplah berusaha. Hati yang lapang akan membawamu menuju hal-hal yang menenangkan. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga