5 Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 07 Mei 2024
0 dilihat
5 Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga
Sejumlah jenis minuman baik dikonsumsi saat selesai olahraga. Foto: Repro hellosehat.com

" Sejumlah minuman ternyata sangat dianjurkan dikonsumsi setelah berolahraga. Bukan hanya enak, tapi minuman tersebut sangat bermanfaat bagi pemulihan tubuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejumlah minuman ternyata sangat dianjurkan dikonsumsi setelah berolahraga. Bukan hanya enak, tapi minuman tersebut sangat bermanfaat bagi pemulihan tubuh.

Pada umumnya, dikutip dari klikdokter.com, setelah berolahraga tubuh banyak menggunakan gula. Elektrolit pun ikut digunakan selama olahraga.

Karena itu, sebaiknya setelah olahraga baiknya memilih jenis minuman yang tepat. Artinya, minuman tersebut harus dapat mengembalikan kadar gula darah dan elektrolit ke jumlah yang normal.

Dengan konsumsi minuman yang baik setelah olahraga, maka juga dapat mengurangi kerusakan otot selama berolahraga dan pemulihan cepat teratasi.

Melansir dream.co.id, berikut beberapa minuman yang baik dikonsumsi setelah olahraga agar kembali fit dan siap beraktivitas:

Baca Juga: Simak 7 Jenis Minuman Penurun Berat Badan

1. Yogurt

Jenis minuman pertama yang baik dikonsumsi setelah olahraga adalah yogurt. Hal ini karena yoghurt dapat memberikan sejumlah protein yang penting untuk proses pemulihan tubuh.

Selain itu, yoghurt juga kaya protein dan karbohidrat, sehingga saat mengonsumsinya dapat memperoleh elektrolit dan antioksidan dari asupan tersebut.

2. Air kelapa

Jenis minuman kedua yang baik dikonsumsi setelah olahraga adalah air kelapa. Hal ini karena air kelapa sangat kaya akan elektrolit dan antioksidan.

Minuman air kelapa ini cukup direkomendasikan untuk diminum setelah olahraga, karena mampu mengembalikan elektrolit yang hilang.

Menurut sebuah studi, air kelapa memiliki kandungan kalium. Jumlah kaliumnya bahkan lima kali lebih banyak dibanding minuman olahraga pada umumnya.

Kalium merupakan zat elektrolit penting yang hilang dalam keringat. Zat ini membantu tubuh menyimpan karbohidrat untuk energi.

Dengan berbagai kandungan yang ada pada air kelapa, minuman ini dapat menjadi minuman pemulihan alami yang sangat baik.

3. Susu Cokelat

Jenis minuman ketiga yang baik dikonsumsi setelah olahraga adalah susu coklat. Hal ini karena susu coklat mengandung protein, kalsium, dan karbohidrat yang terkandung di dalamnya.

Kandungan tersebut diperlukan untuk proses pemulihan dan perkembangan otot, terutama setelah berolahraga intens.

Baca Juga: 7 Organ Tubuh Ini Cepat Rusak Akibat Merokok

4. Jus Jeruk

Jenis minuman keempat yang baik dikonsumsi setelah olahraga adalah jus jeruk. Hal ini karena jus buah-buahan, seperti jus jeruk ini dapat menggantikan vitamin dan mineral-mineral yang hilang saat berolahraga intens.

Selain itu, gula alami dalam jus jeruk cukup untuk menggantikan sebagian gula yang digunakan tubuh ketika berolahraga.

Jus jeruk juga mengandung karbohidrat dan kalium. Hal yang membedakan dengan minuman lainnya adalah kandungan vitamin C yang tinggi. Diketahui, vitamin C ini merupakan antioksidan kuat yang baik untuk kesehatan.

Nah, itulah beberapa jenis minuman yang baik dikonsumsi saat selesai olahraga. Semoga bermanfaat.

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga