5 Tips Mudah Mengontrol Gula Darah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 13 Maret 2023
0 dilihat
5 Tips Mudah Mengontrol Gula Darah
Cara mengendalikan gula darah tergantung pada kondisi masing-masing orang. Foto: Repro google.com

" Salah satu masalah kesehatan yang dialami sebagian orang adalah diabetes. Penyakit ini cukup membahayakan, maka penting mengetahui tips mengontrol gula darah "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah kesehatan yang dialami sebagian orang adalah diabetes. Penyakit ini cukup membahayakan, maka penting mengetahui tips mengontrol gula darah.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, ada beragam cara mengendalikan gula darah agar tetap normal, terutama bagi penderita diabetes.

Hal ini penting dilakukan untuk mencegah komplikasi yang dapat timbul akibat kadar gula darah tinggi, seperti penyakit jantung, gangguan penglihatan, hingga kerusakan ginjal.

Cara mengendalikan gula darah tergantung pada kondisi masing-masing orang.

Baca Juga: 9 Tips Jitu Hangatkan Badan Saat Cuaca Dingin

Melansir cnnindonesia.com, berikut beberapa tips mudah untuk mengontrol gula darah:

1. Minum lebih banyak air

Air dan teh tanpa pemanis adalah pilihan yang bagus. Air putih jadi pilihan paling alami dan sehat untuk mengontrol gula darah.

Bahkan, saat air diminum sebelum makan dapat membuat Anda merasa lebih kenyang. Hal ini itu dapat membantu agar tidak makan berlebihan.

2. Batasi makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi

Melansir berbagai sumber, makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi biasanya mengandung karbohidrat dan gula olahan yang tinggi, cepat dicerna dan diserap, dan dapat menyebabkan peningkatan gula darah dengan cepat. Misalnya makanan cepat saji.

Sebaliknya, makanan dengan indeks glisemik rendah biasanya tinggi serat, protein, dan/atau lemak. Misalnya, buah-buahan seperti apel. Pilih makanan dengan indeks glisemik rendah untuk menghindari lonjakan gula darah.

3. Waspada label "bebas gula"

Hati-hati dengan alternatif bebas gula, yang lebih baik daripada versi gula asli, tetapi hampir tidak sehat.

Hanya karena makanan diberi label 'bebas gula', 'gula yang dikurangi', atau 'tanpa tambahan gula' tidak berarti makanan itu juga bebas karbohidrat.

Selalu periksa jumlah total karbohidrat dalam suatu produk yang meliputi jumlah pati, serat, gula, dan gula alkohol. Jumlah ini akan memberi Anda gambaran yang lebih akurat.

4. Kacang untuk cemilan

Jumlah makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh terhadap meningkatnya gula darah. Secara umum, semakin besar porsi, maka kadar gula darah akan semakin meningkat.

Jika Anda ingin ngemil, pilih cemilan yang lebih sehat. Melansir Everyday Health, fokus pada camilan yang menggabungkan karbohidrat, protein, dan lemak bisa membantu menstabilkan gula darah.

Anda bisa memilih kacang-kacangan, termasuk pecan, kacang mete, dan almond, yang dapat membantu manajemen berat badan dan kontrol gula darah.

Baca Juga: Simak 5 Tips Beli Rumah untuk Pertama Kali

5. Tepat waktu menjaga gula darah

Selalu ikuti jadwal yang sama dari hari ke hari saat makan. Hal ini akan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan konsisten.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan Telisikers untuk mengontrol gula darah yang bisa melonjak setelah makan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga