5 Cara Ampuh Tak Kesiangan Bangun Sahur

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 10 April 2023
0 dilihat
5 Cara Ampuh Tak Kesiangan Bangun Sahur
Makan sahur jadi aktivitas rutin di bulan puasa. Karena jam makan sahur dimulai dini hari, banyak orang yang kesulitan bangun hingga kesiangan. Foto: Repro Kompas.com

" Banyak orang yang kesulitan atau kesiangan bangun sahur karena terlelap tidur dan waktunya yang terlalu pagi "

KENDARI, TELISIK.ID - Makan sahur menjadi salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oarng yang akan berpuasa di bulan Ramadan. Selain jadi anjuran, makan sahur bisa membuat kita lebih berenergi untuk jalani aktivitas di siang hari.

Jam makan sahur umumnya dimulai dari jam 03.00 dini hari hingga adzan subuh sekitar jam 04.30 pagi. Banyak orang yang kesulitan atau kesiangan bangun sahur karena terlelap tidur dan waktunya yang terlalu pagi.

Dilansir dari Sukabumiupdate.com dan Akurat.co, berikut beberapa tips agar anda mudah bangun sahur.

1. Tidur Lebih Cepat

Semua orang tahu cara yang satu ini. Sayangnya, cara mudah bangun sahur lebih gampang diucapkan daripada dipraktikkan. Tapi, bukan berarti tidak mungkin. Memiliki waktu tidur cukup jelang sahur sama dengan mempersiapkan tidur agar lebih segar menghadapi hari.

Sebaliknya, tidur larut malam, misalnya pukul 01.00 lalu bangun pukul 03.30 dan tidur lagi pukul 05.00 hanya akan membuat tubuh terasa lelah dan membuat kita sulit untuk beraktivitas secara produktif.

2. Pasang Alarm

Banyak dari kita yang menekan tombol snooze alias tunda ketika alarm berbunyi. Meletakkan alarm agak jauh dari tempat tidur bisa membantu kita untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Atasi Ngantuk Saat Berpuasa

Dengan begitu, ketika alarm berbunyi kita cenderung akan berusaha meraih alarm tersebut untuk mematikannya dan bangun.

3. Hindari Minum Kopi Sebelum Tidur

Cara mudah bangun sahur selanjutnya yang dapat kamu coba adalah menghindari minum kopi sebelum tidur. Sebab, minum kopi sebelum tidur berpotensi membuat tidur kita tak berkualitas.

Jika memungkinkan, cobalah hindari minuman berkafein selama bulan Ramadan. Ini juga jadi momen yang tepat untuk kita mengurangi asupan kopi jika selama ini berlebih.

4. Nikmati Setiap Menu Sahur

Sebelum tidur, kita bisa mencoba memikirkan apa menu makan sahur yang akan disantap. Jika menu sahur semalam kurang menggugah selera, kita bisa membeli sesuatu sehari sebelumnya untuk dinikmati saat sahur.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini 7 Tips Menghangatkan Makanan

Memikirkan menu yang kita sukai akan membuat kita lebih mudah terbangun dan tak sabar untuk menyantapnya. Sebab, jika kita kebablasan dan tak makan sahur, kita tidak bisa memakannya di siang hari.

5. Minta Tolong Dibangunkan Orang Lain

Kamu bisa meminta orang lain untuk membantumu bangun di waktu sahur. Kamu bisa meminta bantuan keluarga, teman, atau bahkan kekasih.

Cara ini dijamin ampuh bangunin sahur dibanding cara-cara sebelumnya. Karena, kekasih pasti akan menghubungimu sampai yakin kalau kamu udah bangun sahur. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga