7 Ciri Kecanduan Game Online dan Cara Mengatasinya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 05 Januari 2021
0 dilihat
7 Ciri Kecanduan Game Online dan Cara Mengatasinya
Anak yang kecanduan main game online bisa berdampak buruk. Foto: Repro hellosehat.com

" Meski memang kecanduan game online bisa dialami siapa saja, bukan hanya anak-anak, tetapi remaja juga kalangan orang dewasa. "

KENDARI, TELISIK.ID - Perkembangan teknologi dewasa ini begitu cepat. Dampaknya tidak hanya memberikan pengaruh positif, tapi juga punya dampak negatif bagi kehidupan manusia.

Salah satu dampak negatif yang banyak dialami dan dikeluhkan sebagian masyarakat, khususnya para orangtua adalah anaknya menjadi kecanduan game online.

Meski memang kecanduan game online bisa dialami siapa saja, bukan hanya anak-anak, tetapi remaja juga kalangan orang dewasa.

Meski bermain game bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk mengatasi stres. Namun jika dilakukan secara berlebihan, kebiasaan ini bisa berdampak buruk bagi penderitanya.

Dilansir dari alodokter.com, kecanduan game online bisa diartikan sebagai gangguan mental yang ditandai dengan dorongan untuk bermain game hingga berjam-jam bahkan hingga melupakan atau tidak memedulikan aktivitas lainnya, misalnya pekerjaan atau tugas sekolah.

Jenis kecanduan ini bahkan bisa menyebabkan penderitanya mengalami berbagai masalah psikologis lain, seperti gangguan kecemasan dan depresi.

Baca juga: Begini Cara Merawat Bayi Baru Lahir yang wajib Anda Ketahui

Berbagai Gejala Kecanduan Game Online

Seseorang bisa dikatakan mengalami kecanduan game online apabila sudah mengalami beberapa gejala berikut ini dan telah berlangsung selama 1 tahun atau lebih:

1. Memiliki keinginan bermain game setiap waktu

2. Merasa murung, stres, atau marah ketika tidak bisa bermain game

3. Memerlukan lebih banyak waktu untuk bermain agar merasa lebih baik

4. Menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain game tanpa menjalani aktivitas lain, seperti makan, mandi, belajar, atau bekerja

5. Mengalami masalah di rumah, sekolah, atau kantor terkait kebiasaan bermain game

6. Memiliki kebiasaan berbohong kepada orang lain karena dorongan untuk selalu bermain game

7. Menghamburkan uang untuk membeli game

Selain berbagai gejala psikologis di atas, orang yang kecanduan game online juga bisa mengalami gejala fisik, seperti mudah lelah, sakit kepala atau migrain, nyeri punggung, dan mata berkunang-kunang.

Pada kasus yang sudah parah, pecandu game online bahkan bisa mengalami gangguan pada saraf tangan karena terlalu sering bermain game dalam waktu lama.

Sebagian pecandu game online tidak merasa bermasalah dengan gangguan perilaku yang dialaminya. Oleh karena itu, dibutuhkan pemeriksaan kejiwaan dari psikolog atau psikiater untuk memastikan apakah seseorang memang mengalami kecanduan game online atau tidak.

Baca juga: 4 Tips Pertahankan Pernikahan Setelah Diselingkuhi

Cara Mengatasi Kecanduan Game Online

Apabila sudah kecanduan game online, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Membatasi waktu bermain game

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah sekaligus mengatasi masalah kecanduan game online adalah dengan membatasi waktu bermain.

Jika Anda sering menghabiskan waktu terlalu lama untuk bermain game, cobalah untuk membuat jadwal bermain game dan beri batas waktu bermain, misalnya hanya 1 jam per hari.

Adanya jadwal yang teratur dapat membantu Anda membagi waktu antara bermain game dan menyelesaikan kewajiban lain. Jika perlu, Anda juga bisa membuat catatan pengingat atau alarm di ponsel agar tidak terlalu lama bermain game.

2. Mencari hobi baru

Untuk mengurangi obsesi terhadap game yang sering dimainkan, Anda juga bisa mencoba beberapa hobi baru selain bermain game, misalnya bermain alat musik, melukis, berolahraga, atau membaca buku. Aktivitas tersebut bisa digunakan untuk mengalihkan perhatian Anda dari layar ponsel atau komputer.

Tak hanya baik untuk mengurangi kecanduan game online, aktivitas fisik atau olahraga rutin juga dapat menjaga tubuh tetap sehat dan fit, serta mencegah dan meringankan masalah kesehatan karena terlalu sering bermain game, misalnya nyeri punggung.

Baca juga: Suasana Hati Anda Sedang Memburuk? Atasi dengan 5 Makanan Ini

3. Meletakkan perangkat game di luar kamar tidur

Kamar tidur sering kali menjadi tempat yang nyaman untuk bermain game online. Jika sudah kecanduan, Anda mungkin bisa menghabiskan waktu berjam-jam hingga larut malam untuk bermain game di kamar.

Hal ini tentu bisa mengganggu waktu tidur dan lama-kelamaan akan berdampak pada kondisi kesehatan Anda.

Untuk mengatasi kecanduan game online, sebaiknya letakkan perangkat yang digunakan untuk bermain, seperti ponsel, komputer, atau konsol game, di luar kamar tidur. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi waktu bermain karena tidak ada perangkat bermain di dekat Anda.

4. Menjalani psikoterapi

Jika cara-cara di atas tidak berhasil mengatasi masalah kecanduan game online, Anda perlu berkonsultasi ke psikolog atau psikiater. Untuk mengatasi masalah tersebut, dokter atau psikolog mungkin akan memberikan psikoterapi.

Salah satu teknik yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan kecanduan game online adalah terapi kognitif perilaku atau cognitive behavioral therapy (CBT).

Kecanduan game online merupakan salah satu masalah kesehatan mental yang belakangan banyak terjadi. Apabila Anda mengalami kecanduan game online hingga mengganggu waktu istirahat, sekolah, atau pekerjaan sehari-hari, sebaiknya segera konsultasikan ke psikolog atau psikiater. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga