5 Hari Berhenti Main Facebook, Bisa Kurangi Tingkat Stres Anda

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 02 April 2021
0 dilihat
5 Hari Berhenti Main Facebook, Bisa Kurangi Tingkat Stres Anda
Ilustrasi facebook. Foto: Repro Suara.com

" Istirahat dari Facebook hanya selama 5 hari mengurangi tingkat hormon stres kortisol seseorang. "

KENDARI, TELISIK.ID - Facebook menjadi media sosial yang banyak digunakan masyarakat. Bukan hanya digunakan untuk berselancar di dunia maya saja, tepi juga menjadi lahan bisnis sebagian orang.

Pada akhirnya, facebook seolah dunia baru bagi masyarakat di abad 20 ini. Tak jarang, waktu dalam sehari banyak digunakan untuk bermain facebook. Hanya saja tidak selamanya platform media sosial ini memberikan manfaat, tapi kadang juga memberikan pengaruh negatif seperti membuat penggunanya stres.

Bisa jadi pengguna tersebut stres karena saling serang sindiran atau komentar di media sosial. Akibatnya, akan terpengaruh terhadap kehidupan nyatanya.

Olehnya itu, sekelompok peneliti di University of Queensland di Brisbande, Australia telah menemukan, bahwa berhenti menggunakan Facebook membuat pengguna terbebas dari stres.

Dikutip dari okozone.com, temuan bahwa berhenti menggunakan Facebook membuat pengguna terbebas dari stres itu muncul beberapa hari setelah skandal Cambridge Analytica keluar di publik.

Baca juga: Facebook Bakal Bangun Dua Kabel Bawah Laut di Indonesia

Dimana, data jutaan pengguna Facebook digunakan untuk memengaruhi pilihan pemilih selama pemilu Presiden Amerika Serikat 2016.

Penelitian yang dipimpin oleh Prof. Eric Vanman yang merupakan dosen senior di School of Psychology, menyatakan bahwa jika Anda menjauhkan diri dari aktivitas Facebook, stres hormon kortisol menurun.

Untuk mempelajari dampak dari salah satu aplikasi jejaring sosial terbesar di dunia ini, Prof Vanman dan timnya membentuk 2 kelompok yang terdiri dari 138 peserta studi secara total.

Para peneliti kemudian mengambil sampel air liur dari para peserta dan meminta salah satu kelompok untuk menjauhkan diri dari aktivitas Facebook selama 5 hari.

Sementara, peneliti mengatakan kepada yang lain untuk terus menggunakan aplikasi Facebook. Setelah 5 hari, peneliti mengambil sampel peserta lagi.

Baca juga: Catat, Ini Cara Terbaru Dapat Diskon Listrik PLN Mulai April 2021

Menurut hasil yang dipublikasikan dalam Journal of Social Psychology, tingkat kortisol turun di antara anggota kelompok yang diminta untuk tidak menggunakan aplikasi Facebook.

"Istirahat dari Facebook hanya selama 5 hari mengurangi tingkat hormon stres kortisol seseorang," ujar Prof Vanman yang dikutip oleh Zeenews, yang pernah dimuat pada 11 April 2018 lalu.

Terlalu banyak kortisol yang meningkat ketika seseorang tertekan, dapat membahayakan kekebalan tubuh, sistem imun, merusak memori dan membuat seseorang rentan terhadap obesitas.

Penelitian mereka juga melihat berhenti sementara main Facebook mungkin akan menimbulkan kesedihan, tapi setidaknya hanya di awal.

Selain itu, menurut para peneliti, hasil penelitian ini dapat berlaku untuk semua jejaring sosial. Jadi, istirahat sejenak dari aktivitas Whatsapp, Twitter, Instagram dan media sosial dapat mengurangi tingkat stres Anda. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga