5 Jenis Makanan Ini Picu Asam Lambung Naik saat Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 24 Februari 2023
0 dilihat
5 Jenis Makanan Ini Picu Asam Lambung Naik saat Puasa
Asam lambung naik kebanyakan dikarenakan habis mengonsumsi makanan tertentu. Foto: Repro google.com

" Salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami sebagian orang saat berpuasa adalah asam lambung naik. Asam lambung ini kebanyakan dikarenakan habis mengonsumsi makanan tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami sebagian orang saat berpuasa adalah asam lambung naik. Asam lambung ini kebanyakan dikarenakan habis mengonsumsi makanan tertentu.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan kondisi ketika asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan.

Kondisi ini dapat menimbulkan nyeri pada ulu hati, heartburn, serta berbagai gejala lainnya pada area dada bagian bawah dan perut. 

Asam lambung itu kebanyakan dikarenakan habis mengonsumsi makanan tertentu.

Baca Juga: 6 Bahan Herbal Dapat Obati Penyakit Diabetes

Melansir yoursay.id, berikut sejumlah makanan penyabab asam lambung naik yang harus dihindari saat puasa:

1. Kopi

Sudah menjadi rahasia umum kalau kopi bisa merangsang pengeluaran asam lambung. Penderita asam lambung harus benar-benar menghindari minuman yang satu ini.

Tidak hanya kopi, minuman lain seperti sari buah dan susu full cream juga sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan asam lambung naik.

2. Makanan Berlemak

Makanan berlemak memang enak, terlebih jika disantap dalam keadaan lapar setelah puasa seharian. Tapi sayangnya, makanan berlemak bisa menyebabkan asam lambung naik, sehingga wajib dihindari.

Makanan berlemak yang dimaksud antara lain seperti daging sapi, kentang goreng, keripik kentang, es krim, susu, keju dan masih banyak lagi.

3. Makanan Bergas

Bagi kamu penderita asam lambung sebaiknya betul-betul menghindari makanan bergas saat puasa. Makanan bergas tersebut antara lain seperti sayuran sawi, buah nangka, kol, pisang ambon, kedondong dan buah yang dikeringkan.

Sebab makanan-makanan tersebut bisa menyebab naiknya asam lambung, bahkan memperburuk gejala sakit maag yang sudah diderita sebelumnya.

4. Buah dan Sayur yang Asam

Mengonsumsi buah dan sayur saat puasa memang disarankan, hal tersebut berguna untuk memenuhi kebutuhan serat dan mineral dalam tubuh. Tapi jangan pilih buah dan sayuran yang memiliki rasa asam ya. Sebab buah dan sayur yang asam dapat memicu naiknya asam lambung.

Buah dan sayuran yang memiliki rasa asam antara lain seperti jeruk, lemon, anggur, tomat dan salad yang ditambah cuka.

Baca Juga: Daun Kelor Santapan Bermanfaat

5. Makanan Pedas

Sudah menjadi rahasia umum kalau makanan pedas bisa memicu naiknya asam lambung. Tentu saja, para penderita asam lambung harus waspada. Sebab makanan pedas dapat mengiritasi lapisan dalam kerongkongan dan menyebabkan nyeri ulu hati.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung saat puasa yang harus dihindari. Dengan begitu, ibadah puasa dapat berjalan lancar. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga