Daun Kelor Santapan Bermanfaat

Wa Ode Fatima Azzahra, telisik indonesia
Jumat, 24 Februari 2023
0 dilihat
Daun Kelor Santapan Bermanfaat
Daun kelor memiliki banyak manfaat, di antaranya menurunkan gula darah, menurunkan kadar kolesterol dan anti oksidan. Foto: Ist.

" Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah "

KENDARI, TELISIK.ID - Kelor atau merunggai (moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini dikenal dengan nama lain seperti limaran, moringa, (dari minyak yang bisa diekstrak dari bijinya).

Selain itu, dikenal juga dengan nama drumstick (dari bentuk rumah benihnya yang panjang dan ramping), horseradish tree (dari bentuk akarnya yang mirip tanaman horseradish).

Kelor adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat, berumur panjang, berbunga sepanjang tahun, dan tahan kondisi panas ekstrem. Tanaman ini berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan.

Tanaman ini umum digunakan untuk menjadi pangan dan obat di Indonesia. Biji kelor juga digunakan sebagai penjernih air skala kecil. Kelor juga biasa dijadikan sayur oleh masyarakat Sulawesi Tenggara, khususnya di Muna, kelor menjadi santapan sehari-hari masyarakat.

Sayur kelor biasa dicampur dengan berbagai jenis sayuran lain seperti daun bayam, labu muda, pepaya, dan sayuran lainnya.

Kappo adalah salah satu masyarakat Muna yang biasa memasak sayur kelor dengan campuran pepaya serta daun licin (abelmoschus manihot). Ia mengungkapkan, hampir setiap hari mereka mengonsumsi sayur kelor dengan campuran pepaya dan daun licin.

"Sejak kecil saya sudah dibiasakan untuk mengonsumsi sayur bening dan sampai saat ini tidak pernah bosan walaupun mengonsumsinya setiap hari," ujar Kappo saat dihubungi lewat WhatsApp.

Iskar salah seorang mahasiswa yang biasa mengonsumsi sayur bening daun kelor mengungkapkan bahwa ketika di rantau, ia memasak sendiri agar bisa menikmati sayur kelor kegemarannya.

Hal ini karena ia sudah terbiasa mengonsumsi sayur kelor. Ia merasa ada yang kurang jika beberapa hari tidak mengonsumsinya.

Baca Juga: 6 Bahan Herbal Dapat Obati Penyakit Diabetes

"Karena anak kuliah jauh dari orang tua, kadang saya masak sendiri atau suruh temanku masak sayur bening daun kelor. Karena jarang pulang kampung, makanya rindu sekali makan sayur kelor," ungkap Iskar.

Ternyata, daun kelor memiliki banyak manfaat. Dilansir dari baganpunak.rohilkab.go.id, berikut ini manfaat daun kelor.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Satu studi pada 30 wanita menunjukkan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan mengurangi kadar gula darah puasa rata-rata 13,5 persen.

Studi kecil lainnya pada enam orang dengan diabetes menemukan bahwa menambahkan 50 gram daun kelor ke dalam makanan, mengurangi kenaikan gula darah sebesar 21 persen. Para ilmuwan meyakini efek ini disebabkan oleh senyawa tanaman seperti isothiocyanate. Manfaat daun kelor untuk kesehatan ini patut kamu coba di rumah.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun kelor untuk kesehatan berikutnya adalah menurunkan berat badan. Kelor dapat mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak. Penelitian telah melihat efek dari suplemen yang mengandung kelor dikombinasikan dengan bahan lainnya.

Dalam satu studi selama 8 minggu pada 41 orang gemuk dengan diet dan olahraga yang sama, mereka yang mengonsumsi 900 mg suplemen yang mengandung kelor, kunyit, dan kari kehilangan 4,8 kg. Dalam penelitian serupa tetapi lebih besar, para peneliti mengacak 130 orang yang kelebihan berat badan untuk menerima suplemen yang sama dengan penelitian di atas. Mereka yang diberi suplemen kehilangan 5,4 kg selama 16 minggu.

Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Ini merupakan mekanisme perlindungan yang penting tetapi dapat menjadi masalah kesehatan utama jika terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama. Manfaat daun kelor untuk kesehatan bisa juga mengurangi peradangan ini.

Para ilmuwan percaya bahwa isothiocyanate adalah senyawa anti-inflamasi utama pada daun kelor, polong dan biji-bijian. Kelor mengurangi peradangan dengan menekan enzim peradangan dan protein dalam tubuh, dan konsentrat daun kelor dapat secara signifikan menurunkan peradangan dalam sel.

Menangkal Radikal Bebas

Antioksidan adalah senyawa yang bertindak melawan radikal bebas dalam tubuh. Kadar radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Beberapa senyawa tanaman antioksidan telah ditemukan dalam daun moringa oleifera atau kelor.

Selain vitamin C dan beta-karoten, daun kelor memiliki kandungan quercetin yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ada juga asam klorogenik yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Baca Juga: 6 Pilihan Menu Diet Bagi Penderita Maag

Satu studi pada wanita menemukan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan secara signifikan meningkatkan kadar antioksidan darah. Ekstrak daun kelor juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan. Ini meningkatkan umur simpan daging dengan mengurangi oksidasi.

Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Memiliki kolesterol tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Manfaat daun kelor untuk kesehatan dalam bentuk serbuk baik untuk jantung yang sehat, terutama dalam kontrol lipid darah, pencegahan pembentukan plak di arteri, dan penurunan kadar kolesterol.

Untungnya, banyak makanan nabati dapat secara efektif mengurangi kolesterol. Baik penelitian berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa moringa oleifera mungkin memiliki efek menurunkan kolesterol.

Mendukung Kesehatan Otak

Manfaat daun kelor untuk kesehatan otak dan fungsi kognitif dipengaruhi oleh aktivitas antioksidan dan neuro-enhancer. Ini juga telah diuji sebagai pengobatan untuk penyakit alzheimer dengan hasil awal yang menguntungkan.

Kandungan vitamin E dan C yang tinggi melawan oksidasi yang mengarah pada degenerasi neuron, meningkatkan fungsi otak. Ini juga dapat menormalkan neurotransmitter serotonin, dopamin, dan noradrenalin di otak, yang memainkan peran kunci dalam memori, suasana hati, fungsi organ, respons terhadap stimulus seperti stres dan kesenangan, dan kesehatan mental, misalnya dalam depresi dan psikosis.

Mencegah Kanker

Manfaat daun kelor untuk kesehatan berikutnya adalah untuk mencegah kanker. Perkembangan kanker yang sering tidak disadari membuat banyak orang yang kena kanker, menyadari dia telah terkena kanker setelah memasuki stadium yang parah. Hal ini disebabkan proses pembentukan sel kanker memang membutuhkan waktu yang cukup lama. (A)

Penulis: Wa Ode Fatima Azzahra

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga