5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Asam Lambung Naik

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 12 Oktober 2022
0 dilihat
5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Asam Lambung Naik
Salah satu penyebab asam lambung naik adalah stres, meski stres merupakan bagian dari kehidupan manusia, tapi demi kesehatan kita harus bisa mengontrol hal tersebut. Foto: Repro ners.unair.ac.id

" Secara umum, karbohidrat seperti gula dan serat difermentasi saat dipecah di usus besar, proses ini menciptakan penumpukan gas di usus besar, menyebabkan kembung yang sangat tidak nyaman "

KENDARI, TELISIK.ID - Asam lambung menjadi salah satu penyakit yang sudah umum dijumpai saat ini, yang lebih sering disebut sebagai gerd. Gastroesophageal reflux disease sendiri cukup rentan terhadap beberapa jenis makanan sehingga Anda wajib memilih makanan yang aman bagi lambung.

Ada banyak hal penyebab naiknya asam lambung, salah satunya adalah kebiasaan sepele berikut yang dilansir dari berbagai sumber yaitu:

1. Terlalu banyak karbohidrat dan gula

Mengutip bisnis.com, sebagian besar makanan dengan karbohidrat akan memicu gas dan kembung. Secara umum, karbohidrat seperti gula dan serat difermentasi saat dipecah di usus besar Anda, proses ini menciptakan penumpukan gas di usus besar Anda, menyebabkan kembung yang sangat tidak nyaman.

2. Jadwal makan malam yang tidak teratur

Baca Juga: Suka Nonton Film Horor? Ini Dampaknya Bagi Tubuh Anda

Salah satu aktivitas yang tidak kita sadari dapat menjadi penyebab asam lambung naik yaitu pola makan tidak teratur, khususnya di malam hari. Hal ini disebabkan karena setelah makan, Anda tidak menyediakan cukup waktu untuk tubuh mencerna makanan dengan langsung tidur. Oleh sebab itu, untuk mengatasi asam lambung yang naik, sebaiknya hindari makan dua jam sebelum tidur. Selain itu, makanlah secara teratur agar lambung dapat bekerja dengan baik untuk mencerna makanan yang dikonsumsi sesuai waktunya.

3. Konsumsi pengganti gula

Mengutip halodoc.com, jangan mudah percaya dengan label "bebas gula" dalam makanan maupun minuman. Pasalnya, makanan dan minuman ini dapat menyebabkan reaksi gas saat mencerna. Alkohol gula, seperti xylitol, sorbitol, dan manitol adalah pemanis rendah kalori yang sering digunakan untuk membuat makanan bebas gula tertentu. Meskipun rendah kalori, pengganti ini bisa menimbulkan efek samping. Bahan ini cenderung menyebabkan gas karena usus besar tidak mudah menyerapnya.

4. Langsung tidur atau rebahan setelah makan

Mengutip cnnindonesia.com, berbaring setelah makan bisa membuat asam lambung mengalir ke kerongkongan dengan mudah.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Otak Lemot, Termasuk Terlalu Lama Sendiri

Pastikan beri jeda waktu makan dan tidur setidaknya selama 1-2 jam. Jika tak berhasil, maka gunakan dua bantal saat tidur. Posisi kerongkongan yang lebih tinggi membuat asam dengan mudah kembali mengalir ke perut.

5. Stres

Stres memang bukan kondisi yang bisa dihindari. Namun, stres bisa dikontrol. Sebuah studi yang diterbitkan jurnal Psychosomatic Medicine menemukan, stres jangka panjang dapat memperburuk gangguan lambung.

"Pertimbangkan untuk melakukan aktivitas fisik penghilang stres atau tidur 15 menit lebih awal," ujar Coleman. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga