5 Pemain Sepak Bola dengan Kontrak Aneh Tak Biasa

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 28 Januari 2023
0 dilihat
5 Pemain Sepak Bola dengan Kontrak Aneh Tak Biasa
Dani Alves dalam kontraknya pernah rela digaji 1 Euro atau Rp 15.000 saja per bulan dengan niat mambantu keuangan tim. Foto: Sport.detik.com

" Para pemain bola punya klausul atau ketentuan yang tertulis dalam kontrak bersama club yang merekrutnya sebelum mereka turun lapangan. Dalam kontrak biasanya berisi ketentuan yang harus ditaati kedua belah pihak "

KENDARI, TELISIK.ID - Para pemain bola punya klausul atau ketentuan yang tertulis dalam kontrak bersama club yang merekrutnya sebelum mereka turun lapangan. Dalam kontrak biasanya berisi ketentuan yang harus ditaati kedua belah pihak.

Dilansir dari Idntimes.com dan Bola.net, berikut beberapa pemain bola yang punya klausul aneh dan tak biasa dalam kontraknya:

1. Dani Alves

Dani Alves yang berstatus bebas transfer usai kontraknya di PSG habis kembali bergabung ke Barcelona awal tahun ini. Hanya saja, ada syarat unik.

Baca Juga: Tiga Atlet Pencak Silat Nusa Tenggara Timur Ikut Sea Games di Kamboja

Kesulitan keuangan yang diderita Barcelona membuat Dani Alves harus rela digaji 1 euro atau setara Rp15ribu saja per bulan. Dengan niat membantu keuangan tim, bek sayap berusia 38 tahun itu setuju. Ia cuma dikontrak selama enam bulan terhitung pada Januari 2022. Ia kini sudah hengkang menuju Pumas UNAM.

2. Andy Carroll

Andy Carroll pernah menjadi pembelian termahal Liverpool dengan harapan bisa menggantikan sosok Fernando Torres yang hengkang menuju Chelsea.

Tapi setelah membela West Ham dan Newcastle United, kariernya saat ini tak menentu. Tanpa klub selama berbulan-bulan, Carroll kemudian menerima tawaran dari Reading, klub kasta bawah Liga Inggris.

Menariknya, pemilik kaki kiri mengerikan ini cuma dikontrak selama dua bulan. Itu terjadi pada November 2021 dan berakir pada Januari 2022.

3. Mauro Icardi

Mauro Icardi sebenarnya mesin gol utama Inter Milan. Akan tetapi, kedua belah pihak sepakat berpisah pada musim panas 2019. Diawali dengan kesepakatan pinjaman, Inter Milan resmi melepas Icardi ke Paris Saint-Germain (PSG).

Dalam transfer ini, Nerazzurri menyelipkan klausul unik. Klausul kontrak Icardi disebut sebagai anti-Juventus. Itu dilakukan untuk mencegah sang pemain menyeberang ke klub rival. Klausul akan aktif jika PSG menjual Icardi ke Juventus. Nerazzuri bisa memperoleh dana sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp245 miliar dari sana.

4. Neymar Jr

Bintang sepak bola asal Brasil, Neymar Jr, dikenal sebagai salah satu atlet dengan penghasilan tertinggi di dunia. Ia bisa meraup pendapatan dari berbagai hal. Salah satunya dengan menyapa penggemar.

Ini disebabkan Neymar memiliki klausul unik dalam kontraknya saat direkrut PSG. Ia bisa memperoleh bonus hingga 400 ribu pound sterling (Rp 7,4 miliar) per bulan dari klausul ini.  Syaratnya, Neymar harus sopan dan tepat waktu saat berlatih serta menyapa penggemar di stadion. Di dalam klausul yang sama, ia dilarang mengkritik secara terbuka pengaturan taktis klub demi menjaga citra Les Parisiens.

5. Luiz Suarez

Citra Luis Suarez tercoreng sebab pernah menggigit Giorgio Chiellini dan Branislav Ivanovic saat pertandingan. Akibat masalah ini, Barcelona memasukkan sebuah klausul unik saat memboyongnya pada musim panas 2014.

Baca Juga: Deretan Aksesoris Unik Banyak Dipakai Pesepakbola

Suarez dilarang menggigit lawan saat bermain dengan kostum La Blaugrana. Ada sanksi yang harus ia terima jika melanggar klausul tersebut, yaitu pemotongan gaji. Gaji Suarez bisa dikurangi secara signifikan (15-30 persen).

Dalam kesepakatan transfer, Liverpool juga memasukkan klausul yang mencegah sang pemain merapat ke Manchester United. Kebetulan mereka adalah rival terbesar The Reds.

Klausul di atas memang unik. Tiap klub punya alasan tersendiri saat memasukkan klausul seperti itu. Entah untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan atau untuk mendapatkan keuntungan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga