5 Hal Ini Wajib Dipersiapan Agar Aman Saat Mati Lampu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 07 Maret 2023
0 dilihat
5 Hal Ini Wajib Dipersiapan Agar Aman Saat Mati Lampu
Perlu sejak dini mempersiapkan diri agar tetap aman saat mati lampu. Foto: Repro google.com

" Listrik padam atau mati lampu seringkali terjadi secara mendadak. Maka perlu sejak dini mempersiapkan diri agar tetap aman saat mati lampu "

KENDARI, TELISIK.ID - Listrik padam atau mati lampu seringkali terjadi secara mendadak. Maka perlu sejak dini mempersiapkan diri agar tetap aman saat mati lampu.

Dikutip dari wikipedia.org, mati listrik (biasa juga dikenal dengan mati lampu, listrik padam, atau pemadaman listrik) merupakan sebuah keadaan ketiadaan penyediaan listrik di sebuah wilayah.

Penyebab teknis dapat berupa kerusakan di gardu listrik, kerusakan jaringan kabel atau bagian lain dari sistem distribusi, sebuah sirkuit pendek (korsleting), atau kelebihan muatan.

Mati lampu ini seringkali terjadi secara mendadak. Maka perlu sejak dini mempersiapkan diri agar tetap aman saat mati lampu.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini 7 Tips Menghangatkan Makanan

Melansir cnnindonesia.com, berikut ini adalah beberapa persiapan wajib agar siap saat mati lampu:

1. Isi air sampai penuh

Air juga merupakan kebutuhan pokok yang wajib tersedia saat mati lampu. Air diperlukan untuk minum, mandi, toilet, dan membersihkan keperluan makan.

Sumber air di rumah bakal terpengaruh jika suplai listrik mati. Oleh karena itu, selalu pastikan air di rumah memenuhi bak dan juga bak cadangan. 

2. Persiapkan lampu cadangan

Saat daya listrik padam, cahaya merupakan hal yang paling dibutuhkan terutama di malam hari.

Selalu persiapkan lampu cadangan di rumah dalam keadaan siap dinyalakan. Lampu yang dioperasikan dengan baterai lebih direkomendasikan daripada lampu yang perlu di-charge dengan listrik.

Persiapkan pula senter dengan baterai. Senter dapat dengan mudah dibawa dan membantu menunjukkan jalan atau mencari barang dalam kegelapan.

Lilin juga harus tersedia di rumah agar dapat dinyalakan saat mati lampu. Namun, perlu diingat untuk tetap berhati-hati dalam menggunakan lilin ketika mati lampu. Letakkan lilin di wadah yang tak mudah terbakar. 

3. Isi daya power bank

Selalu isi daya power bank dalam keadaan penuh setiap harinya, begitu pula dengan handphone dan laptop. Handphone dan laptop dapat membuat Anda terhubung dengan informasi terkini terutama perihal mati lampu. 

Handphone dan laptop juga dapat menjadi sumber hiburan kala mati lampu.

4. Dana darurat

Pastikan Anda selalu menyimpan sejumlah uang tunai di era cashless society ini. Uang cash tetap mesti tersedia untuk menghadapi berbagai keadaan darurat seperti mati lampu. 

Pasalnya, saat mati lampu jaringan ATM yang beroperasi dengan listrik tak dapat digunakan. Pembayaran online juga tidak bisa dilakukan karena membutuhkan daya listrik.

Dalam beberapa kasus, seperti mati lampu di Jakarta, internet dan operator komunikasi juga tidak dapat berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, uang tunai harus tersedia di rumah atau di dalam kantong Anda.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tetap Aman Saat Angin Kencang

5. Makanan siap saji

Makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus selalu tersedia. 

Untuk menghadapi mati lampu, Anda perlu menyiapkan stok makanan yang siap saji atau cepat saji di rumah. Isi dapur dengan makanan yang tidak mudah busuk atau yang tidak memerlukan pendingin jika listrik mati.

Siapkan pula makanan yang mudah disajikan atau dipanaskan dengan kompor gas.

Nah, itulah beberapa hal yang harus sellau dipersiapkan sejak sini sebelum mati lampu. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga