4 Cara Jitu Hilangkan Bekas Jerawat di Wajah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 19 Agustus 2021
0 dilihat
4 Cara Jitu Hilangkan Bekas Jerawat di Wajah
Bekas jerawat di wajah biasanya membuat kita jadi tidak percaya diri. Foto: Repro bandungkita.id

" Kondisi kulit yang terjadi setelah jerawat ini dapat muncul lebih dari satu dan di daerah yang mudah terlihat "

KENDARI, TELISIK.ID - Bekas jerawat yang ada pada wajah sering kali membuat seseorang merasa tidak pede alias percaya diri.

Dikutip dari hellosehat.com, bekas jerawat, baik yang berwarna merah maupun hitam, adalah kondisi kulit yang cukup mengganggu dan dapat menurunkan kepercayaan diri.

Kondisi kulit yang terjadi setelah jerawat ini dapat muncul lebih dari satu dan di daerah yang mudah terlihat.

Meski sebenarnya hal ini bukan masalah besar, bekas yang tertinggal di kulit bisa saja membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Alhasil, berbagai cara akan dilakukan untuk menghilangkannya dan membuat kulit wajah kembali bersih tanpa noda. 

Secara umum, ada sejumlah perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi bekas jerawat. Biasanya, perawatan dilakukan di salon kecantikan atau klinik khusus dengan bantuan tenaga profesional.

Namun ternyata ada cara alami yang bisa dilakukan untuk menangani kondisi ini. Selain lebih mudah, cara alami yang dilakukan juga cenderung lebih aman untuk kulit. 

Dilansir Halodoc.com, berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah:

1. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan senyawa yang dapat mencerahkan area kulit gelap (aloin). Senyawa ini ada pada gel lidah buaya, sehingga kamu disarankan untuk mengoleskan gel lidah buaya ke bekas jerawat yang sudah dibersihkan. 

2. Lemon

Lemon masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut. Namun, kandungan vitamin C dan antioksidan pada lemon dipercaya bisa memudarkan bekas jerawat. Hati-hati jika menggunakan lemon untuk kulit sensitif, karena bisa memicu iritasi. 

Baca Juga: Resah Kutu Rambut dan Telurnya di Kepala Anda? Ini 4 Cara Menghilangkan

Baca Juga: Tanda Anda Mengalami Tekanan Batin dan Tips Mengatasinya

3. Baking soda

Baking soda bisa membantu mengelupaskan kulit mati. Hal ini berarti bisa membantu mengurangi bekas jerawat di kulit wajah. Campurkan dua sendok baking soda dan air, kemudian aplikasikan ke wajah. Diamkan selama 10–15 menit lalu bilas dengan air. Lakukan cara ini sebanyak 1–2 kali seminggu. 

4. Madu

Gunakan masker madu untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Mengoleskan madu ke kulit juga disebut bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga