5 Tips Mudah Mengelola Emosi Saat Marah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 03 Maret 2023
0 dilihat
5 Tips Mudah Mengelola Emosi Saat Marah
Penting untuk mengetahui cara yang bisa dilakukan agar dapat mengendalikan emosi. Foto: gatra.com

" Emosi merupakan salah satu pengalaman psikologis yang dimiliki manusia "

KENDARI, TELISIK.ID - Emosi menjadi hal yang wajar dialami setiap orang. Namun jika emosi atau amarah ini tidak dapat dikendalikan, maka bisa berefek buruk.

Pada umumnya, dikutip dari liputan6.com, emosi merupakan salah satu pengalaman psikologis yang dimiliki manusia. Biasanya, emosi adalah ungkapan yang dikaitkan dengan amarah.

Dalam psikologi, emosi lebih dari sekadar perasaan. Emosi adalah campuran kompleks dari tindakan, ekspresi, dan perubahan internal. Emosi adalah respons terhadap makna yang dibuat dari lingkungan.

Emosi menjadi hal yang wajar dialami setiap orang. Namun jika emosi atau amarah ini tidak dapat dikendalikan, maka bisa berefek buruk.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui cara yang bisa dilakukan agar dapat mengendalikan emosi.

Melansir kemkes.go.id, berikut beberapa cara yang umum dilakukan agar dapat mengontrol emosi saat marah meledak:

1. Dampak Amarah

Pertimbangkan dampak yang terjadi jika amarah tidak terkontrol. Hubungan dengan keluarga, saudara, relasi dan yang lainnya dapat merenggang bahkan hancur ketika amarah tidak terkontrol.

Baca Juga: 6 Tips Diet Sehat Bagi Kamu yang Sibuk Bekerja

Ketika keadaan lebih tenang, pikirkan langkah yang dapat kita ambil dalam suatu masalah.

2. Waktu yang tepat

Pahamilah bahwa berteriak dan menangis adalah hal yang wajar ketika sedang marah. Namun ada kalanya untuk kita dapat mengetahui pula waktu yang tepat untuk mengeluarkannya. Jangan asal melampiaskan emosi sesaat yang akhirnya akan disesali dikemudian hari.

Mengendalikan emosi berbeda dengan meredam emosi, meredam emosi adalah membatasi diri untuk mengekspresikan perasaan.

Meredam emosi malah dapat berakibat buruk bagi kesehatan seperti kegelisahan, gangguan tidur, tegang, tubuh dirasa tidak sehat, bahkan depresi.

Ada baiknya jika emosi yang berlebihan terus berlanjut, dapat segera berkonsultasi dengan psikolog agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

3. Tenangkan Diri

Duduklah dan berlatih tarik nafas dalam. Tarik nafas menggunakan diafragma, tahan selama 3 detik dan hembuskan, lakukan berulang.

Walaupun menarik nafas dalam tidak dapat meredakan emosi namun setidaknya pikiran akan menjadi lebih tenang dan dalam keadaan seperti ini keputusan selanjutnya akan lebih tepat dan bijaksana.

4. Jangan berlebihan

Sesuatu yang berlebihan tidaklah baik, apalagi emosi berlebihan saat sedang marah. Ketika sedang marah, cobalah untuk tetap tenang dan berfikir dengan jernih.

Baca Juga: 4 Tips Hadapi Banjir, Kamu Harus Tahu

Jangan bereaksi berlebihan ketika sedang marah. Marah boleh namun dengan wajar, sesuaikan dengan permasalahan yang terjadi.

5. Berdoa

Dalam marah lakukan doa sesuai dengan kepercayaan agar hati menjadi lebih tenang. Berdoa dapat membantu dalam mengontrol emosi.

Kepercayaan terhadap Tuhan dapat membuat diri kuat menghadapi suatu masalah, dan berserah vdiri terhadap hasilnya akan membuat hati senantiasa ikhlas.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk mengendalikan emosi agar amarah tidak berujung merugikan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga