Simak 5 Tips Beli Rumah untuk Pertama Kali

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 10 Maret 2023
0 dilihat
Simak 5 Tips Beli Rumah untuk Pertama Kali
Penting untuk mengetahui tips membeli rumah untuk pertama kalinya agar aman saat memilikinya. Foto: Repro google.com

" Memiliki rumah pribadi menjadi keinginan setiap orang. Maka perlu mengetahui tips aman membeli rumah untuk pertama kalinya "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki rumah pribadi menjadi keinginan setiap orang. Maka perlu mengetahui tips aman membeli rumah untuk pertama kalinya.

Pada umumnya, dikutip dari rumah123.com, jika hendak beli rumah baru, tidak perlu repot melakukan survei, mencari harga tanah sesuai anggaran, serta menilai keamanan wilayah tersebut.

Tentu dalam membeli rumah baru, kita harus mencari informasi seputar perumahan tersebut, namun prosesnya sangat mudah karena informasi mengenai perumahan baru banyak tersedia.

Berbeda dengan beli rumah bekas atau membangun rumah sendiri. Kita mesti melakukan banyak riset informasi sendiri dan memilih-milih dengan lebih mendalam.

Baca Juga: 4 Alternatif Pengganti Minyak Goreng Sawit

Olehnya itu, penting untuk mengetahui tips membeli rumah untuk pertama kalinya.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan jika ingin membeli rumah untuk pertama kalinya:

1. Memastikan kelengkapan dokumen dan legalitas

Hal ini juga sangat penting untuk kamu lakukan sebelum membeli rumah. Kamu harus dapat memastikan kelengkapan dokumen dan legalitas dari rumah yang akan kamu beli.

Beberapa dokumen yang harus kamu perhatikan antara lain sertifikat kepemilikan, IMB, PBB, dan masih banyak lagi.

Jika kamu membeli rumah bekas maka kamu perlu memperhatikan legalitas dari rumah tersebut. Jangan sampai kamu membeli rumah yang menjadi rumah sengketa.

2. Mempertimbangkan kondisi finansial

Hal utama yang harus kamu pikirkan terlebih dahulu adalah kondisi finansialmu. Kamu harus memikirkan apakan finansialmu mampu digunakan untuk membangun atau membeli rumah, atau bahkan hanya mampu digunakan untuk menyewa rumah saja.

Kamu juga harus memikirkan keuangan yang digunakan untuk membeli perabotan rumah. Karena percuma jika kamu telah membeli rumah namun tidak ada perabotan di dalamnya.

3. Mempertimbangkan fasilitas yang ada di sekitar rumah

Selain mempertimbangkan lokasi yang strategis kamu juga perlu mempertimbangkan fasilitas yang ada di sekitar rumah. Tentunya sangat baik jika kamu tinggal di kawasan yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Beberapa fasilitas yang perlu kamu pertimbangkan antara lain adalah klinik kesehatan, tempat perbelanjaan, rumah ibadah, sekolah, dan beberapa fasilitas lainnya.

4. Mengenali jasa developer terpercaya

Sebelum kamu membeli rumah maka kamu harus mengenali jasa developer terpercaya terlebih dahulu. Karena biasanya developer tersebut akan memasarkan rumah yang dijual kepadamu.

Tak jarang ada developer curang yang sering menipu customer-nya. Oleh karena itu kamu harus mengecek kredibilitas dari developer tersebut agar kamu tidak tertipu olehnya.

Baca Juga: 9 Tips Jitu Hangatkan Badan Saat Cuaca Dingin

5. Mempertimbangkan lokasi rumah

Selain memastikan kondisi finansial dan administrasi, kamu juga perlu mempertimbangkan lokasi rumah yang akan kamu tempati. Tentunya lokasi rumah tersebut tergantung keinginan setiap orang.

Namun kamu juga perlu mempertimbangkan keamanan di lokasi rumahmu tersebut. Selain itu kamu juga perlu mempertimbangkan lokasi yang strategis untuk membeli rumah.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Telisikers lakukan jika ingin membeli rumah untuk pertama kali. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga