50 Usaha UMKM di Mubar Diusulkan untuk Dibina Perusahaan Besar

Laode Pialo, telisik indonesia
Kamis, 08 Juli 2021
0 dilihat
50 Usaha UMKM di Mubar Diusulkan untuk Dibina Perusahaan Besar
Pelaku usaha UMKM, kain tenun Muna. Foto: Ist.

" Pemkab Muna Barat (Mubar) telah mengusulkan 50 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di pusat untuk mendapatkan pembinaan dari perusahaan besar. "

MUNA BARAT,TELISIK.ID - Pemkab Muna Barat (Mubar) telah mengusulkan 50 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di pusat untuk mendapatkan pembinaan dari perusahaan besar.  

Kepala Dinas Penanaman Modal, pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Mubar, Liber mengungkapkan,  puluhan UMKM tersebut di usulkan untuk mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari perusahaan besar dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi bisnis yang semakin baik dan berdaya saing.

"Bentuk kemitraan antara pelaku usaha besar dan UMKM, sehingga ke depan mampu memberi kontribusi signifikan bagi pertumbuhan nilai investasi sekaligus meningkatkan ekonomi di daerah," katanya.

Liber juga mengaku, 50 pelaku UMKM tersebut diusulkan bukan tanpa alasan. Mereka diusulkan karena telah memiliki legalitas usaha dan  mendapatkan izin berusaha dan komitmen lainnya dari PTSP Mubar.

Baca juga: Banjir dan Longsor Landa Tiga Kabupaten di Sulsel, Satu Warga Dilaporkan Meninggal

Baca juga: Bupati dan Wakil Bupati Butur Pantau Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19

"Syaratnya, sudah mengurus izin melalui Aplikasi OSSS. Kemudian  telah mengoperasikan usahanya minimal 3 tahun," ujarnya.

Liber menyampaikan, usulan 50 usaha UMKM untuk dibina oleh perusahaan besar dari pusat ini merupakan program kemitraan yang telah di galangan secara nasional.

Tujuannya program ini adalah untuk meningkatkan kualitas UMKM dan pemerataan ekonomi.

"Kewajiban kita hanya mengusulkan. Mudah-mudahan tahun ini sudah bisa ada hasilnya," pungkasnya. (C)

Reporter: Laode Pialo

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga