5.900 Calon Maba UHO Ikut UTBK Jalur Seleksi Mandiri

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 10 Juli 2023
0 dilihat
5.900 Calon Maba UHO Ikut UTBK Jalur Seleksi Mandiri
UTBK SMM UHO Kendari serentak dilaksanakan di UHO dengan daya tampung sekitar 30 persen dari setiap program studi. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Sebanyak 5.900 calon mahasiswa baru (maba) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) jalur Seleksi Mandiri (SMM) tahun 2023 hari ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 5.900 calon mahasiswa baru (maba) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) jalur Seleksi Mandiri (SMM) tahun 2023 hari ini, Senin (10/7/2023).

Proses penerimaan mahasiswa baru dilakukan dalam 3 tahap yakni, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri (SMM).

Setelah pengumuman hasil SNBP dan SNBT, saat ini UHO melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SMM dimulai dari 10-14 Juli 2023.

Baca Juga: Akun Resmi Instagram UHO Kendari Diretas, Hacker Posting Penjualan Handphone

UTBK SMM UHO ini serentak dilaksanakan di UHO dengan daya tampung sekitar 30 persen dari daya tampung setiap program studi. Menurut Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu, daya tampung atau kuota penerimaan mahasiswa baru di setiap prodi  bisa saja lebih 30 persen jika pada hasil SNBT ada yang tidak melakukan pendaftaran ulang.

"Pesertanya kurang lebih 5.900 sehingga pelaksanaannya terbagi menjadi 3 sesi setiap harinya," ujar Zamrun.

Dia melanjutkan, jurusan yang paling banyak peminat mungkin akan diketahui setelah selesai proses tes ini, tetapi biasanya tidak jauh-jauh dari Farmasi, Kedokteran, Manajemen, Akuntansi, Teknik Informatika.

Orang nomor satu UHO itu berpesan kepada semua calon mahasiswa baru, agar tidak terpengaruh dengan isu-isu dari luar atau iming-iming dari orang yang tidak bertanggung jawab.

"Fokus saja, hadapi dengan baik, kerjakan tes dengan maksimal, kalau nilainya bagus Insya Allah pasti lulus," ucap Zamrun.

Baca Juga: Ide Siomai Parende, 3 Mahasiswa UHO Raih Juara pada Noble Unesa

Melansir pada smm.uho.ac.id, kriteria kelulusan SMM UHO 2023 menggunakan nilai hasil UTBK tanpa menggunakan nilai rapor dan nilai UTBK SNBT.

Sedangkan untuk pembayaran Iuran Pembangunan Institusi (IPI) setelah lulus SMM digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana perkuliahan.

"Rencana penggunaan IPI yaitu pengadaan/maintenance gedung kuliah, peralatan laboratorium, pengadaan komputer, jaringan, AC, LCD dan lain-lain," tulisnya. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga