6 Cara dan Doa Agar Tetap Istiqamah di Jalan Allah

Haerani Hambali, telisik indonesia
Minggu, 05 Desember 2021
0 dilihat
6 Cara dan Doa Agar Tetap Istiqamah di Jalan Allah
Al-Qur’an mengajarkan kepada umat manusia untuk istiqamah, utamanya dalam hal berpegang teguh pada keyakinan akan Allah SWT. Foto: Repro hipwee.com

" Istiqamah berarti berpegang teguh pada sesuatu atau bertindak setia dengan cara tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Istiqamah berarti berpegang teguh pada sesuatu atau bertindak setia dengan cara tertentu.

Istiqamah untuk selalu berada di jalan Allah juga merupakan kunci agar seseorang sukses beragama sampai akhir hayatnya.

Jika ada seorang yang tumbuh dalam keadaan saleh, namun ia masih bisa berbuat hal buruk sehingga menyebabkannya masuk neraka, maka ia tidak dikatakan Istiqamah.

Karenanya, sangat penting bagi setiap Muslim untuk menapaki jalan istiqamah dalam beribadah hingga akhir hayat.

Al-Qur’an mengajarkan kepada umat manusia untuk istiqamah, utamanya dalam hal berpegang teguh pada keyakinan akan Allah SWT, seperti firman-Nya dalam surah berikut ini:

Innal ladziina qooluu Rabbunal laahu summas taqoomuu falaa khawfun 'alaihim wa laahum yahzanuun.

Baca Juga: Mengapa Harus Baca Doa saat Keluar Rumah? Ini Keutamaannya

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang berkata, "Tuhan kami adalah Allah," kemudian mereka tetap istiqamah tidak ada rasa khawatir pada mereka, dan mereka tidak (pula) bersedih hati." (QS. Al-Ahqaf: 13).

Rasulullah SAW juga bersabda:

“Istiqamahlah kalian dan janganlah menghitung-hitung," (HR Ibnu Majah).

Melansir Republika.co.id, Imam Nawawi dalam sebuah hadis yang ia catat saat Nabi Muhammad ditanyai oleh sahabat Abu Amr Sufiyane bin Abdullah Thaqafi.

Dia berkata “Wahai Rasulullah, beri tahu saya sesuatu dalam Islam jika saya mengatakannya dan mengikutinya, saya tidak perlu meminta siapa pun selain Anda.”

Rasulullah menjawab “Katakanlah aku beriman kepada Allah dan kemudian tetap di jalan-Nya.”

Nabi Muhammad mampu menyampaikan begitu banyak makna yang merupakan salah satu mukjizatnya.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan agar selalu istiqamah di jalan Allah, dilansir Republika.co.id dari About Islam.

1. Keyakinan

Percaya kepada Allah, adalah sebuah aspek yang melibatkan keseluruhan diri. Berpegang teguh dengan segala yang berhubungan dengan Allah. Mematuhi segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Percaya Allah berarti mempercayai rukun iman. Selain percaya Allah, seseorang juga harus percaya pada malaikat-Nya, kitab-Nya, rasul-Nya, Hari Akhir dan takdir.

Kita harus percaya bahwa segala sesuatunya terjadi, atas kehendak dan izin dari Allah SWT

2. Menjalankan perintah Allah

Seseorang yang setia memenuhi segala kewajiban mereka kepada Allah, akan membentuk keistiqomahan dalam dirinya.

3. Mengikuti sunnah

Istiqamah melibatkan seseorang untuk menganut paradigma hijrah kepada Allah dan Rasul-Nya. Ini tentang mengikuti sunnah Nabi Muhammad. Sebab, hanya melalui teladannya seseorang bisa memahami makna Al-Qur’an. Jika bisa melihat para sahabat Rasulullah dan cara mereka bertanya kepada Rasulullah, sungguh umat Islam mendapatkan wawasan yang dalam.

4. Konsisten

Istiqamah bisa dimulai dari langkah kecil asalkan langkah itu konsisten seperti yang disebut dalam salah satu hadis. Rasulullah bersabda, “Amal yang paling dicintai Allah adalah yang konsisten meskipun sedikit,” (HR Bukhari dan Muslim). Tetap konsisten dalam beberapa hal itu penting karena konsistensi menghasilkan lebih banyak harapan.

5. Jalan lurus

Ramadan adalah bulan di mana umat Islam dapat melihat jalan yang lurus. Saat Ramadan umat Islam dapat menghabiskannya sepanjang bulan untuk beribadah dan berbuat kebaikan. Namun, menjelang akhir Ramadan, semangat ibadah beribadah beberapa Muslim hilang.

Inilah waktu yang menjadi tantangan bagi Muslim untuk selalu berada di jalan yang lurus. Jika semangat ibadah surut, harus ditegakkan lagi.

6. Komoditas

Ini adalah cara, sebuah perjalanan yang panjang. Mungkin di tengahnya akan ada hambatan tapi ini adalah ide dan konsep yang dipegang untuk memungkinkan seseorang memahami kesulitan yang pasti akan datang.

Nabi Muhammad biasa berlindung dari ujian iman. Para sahabat pernah berkata kepada Nabi untuk meminta Allah membuat siksaan dan penganiayaan lebih ringan. Nabi Muhammad menjawab bahwa “kamu adalah orang-orang yang tergesa-gesa.”

Tetap di jalan yang lurus mungkin menyulitkan tapi dengan tetap melakukannya seseorang bisa belajar untuk mengatasi permasalahan.

Baca Juga: Wajib Tahu, 10 Kesalahan yang Bisa Membatalkan Salat

Doa agar Bisa Istiqamah

Dilansir tirto.id dari laman NU Online, berikut ini doa yang bisa diamalkan agar bisa istiqamah dalam beribadah dan menjalankan perintah Allah SWT:

Allahumma waffiqna li tha‘atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami‘ul ‘alim. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi rabbil ‘alamin

Artinya: “Ya Allah, bimbinglah jalan kami pada jalan ketaatan kepada-Mu, sempurnakanlah kekurangan kami, terimalah ibadah kami. Sungguh, Kau Maha Mendengar lagi Mengetahui. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam-Nya kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya."

Doa lainnya:

Allahummahdini wasaddidnii

Artinya: "Ya Allah, berikanlah hidayah kepadaku dan berilah taufik kepadaku untuk tetap lurus (benar dalam segala hal)."

Dalam riwayat lain:

Allahumma innii as alukalhuda was sadad

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu petunjuk dan taufik agar tetap istiqamah". (C)

Reporter: Haerani Hambali

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga