Simak 5 Manfaat Jalan Kaki Setelah Sahur

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 04 April 2023
0 dilihat
Simak 5 Manfaat Jalan Kaki Setelah Sahur
Kita bisa melakukan olahraga ringan jalan kaki setelah menjalani sahur pada pagi hari. Foto: Pexels.com

" Untuk menjaga kesehatan saat menjalani ibadah puasa ramadan, salah satunya dengan rutin jalan kaki setelah sahur "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk menjaga kesehatan saat menjalani ibadah puasa ramadan, salah satunya dengan rutin jalan kaki setelah sahur.

Dikutip dari halodoc.com, selain memastikan asupan makanan dan cairan dapat memenuhi kebutuhan tubuh, kita juga mesti melakukan olahraga ringan untuk meningkatkan kesehatan tubuh selama menjalani ibadah puasa di bulan ramadan.

Ada berbagai jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan, salah satunya dengan berjalan kaki. Kamu bisa melakukan olahraga ini setelah menjalani sahur pada pagi hari.

Baca Juga: 4 Cara Atasi Susah BAB Saat Puasa

Melansir idntimes.com, berikut beberapa manfaat saat kita rutin jalan kaki sehabis sahur:

1. Melancarkan metabolisme

Menurut Yaser Adi, seorang dokter asal Inggris, menjelaskan bahwa saat berjalan kaki, otot-otot akan aktif dan memerlukan energi untuk bekerja. Hal ini dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang berarti tubuh akan membakar kalori lebih efektif.

Dalam jangka panjang, meningkatkan metabolisme tubuh dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mencegah obesitas, yang merupakan faktor risiko bagi berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Sebuah penelitian dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise menunjukkan bahwa berjalan kaki setelah makan dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak pada orang dengan obesitas.

Jadi, jika ingin meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu menjaga berat badan yang sehat, berjalan kaki setelah sahur bisa merupakan awal yang baik.

2. Membantu mengatasi masalah pecernaan

Sering kali, kita merasa begah dan tidak nyaman setelah makan sahur, terutama ketika mengonsumsi makanan yang berat atau banyak. Masalah pencernaan ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan bahkan dapat memengaruhi puasa kita.

Menurut Omar Al-Majid, dokter di Amerika Serikat, jalan kaki setelah sahur dapat membantu mempercepat proses pencernaan dan mengurangi gejala tidak nyaman setelah makan. Hal ini karena berjalan kaki dapat membantu mendorong makanan melalui usus dan meningkatkan aliran darah ke sistem pencernaan. 

Selain itu, sebuah studi dalam jurnal Digestive Diseases and Sciences menemukan bahwa berjalan kaki setelah makan dapat membantu meningkatkan kecepatan proses pencernaan.

Jadi, jangan ragu untuk mengambil beberapa langkah setelah makan sahur untuk membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih cepat dan efisien.

3. Mengurangi stres

Berjalan kaki setelah sahur tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga mental. Jalan kaki setelah sahur bisa membantu mengurangi stres. Stres dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan dan dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti gangguan tidur, tekanan darah tinggi, dan masalah pencernaan.

Menurut buku The Holistic Rx: Your Guide to Healing Chronic Inflammation and Disease, berjalan kaki dapat membantu mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh. Misalnya meningkatkan kadar hormon yang membuat kita merasa bahagia, yaitu endorfin dan dopamin. Bisa dibilang, jalan kaki setelah sahur dapat membantu mengatasi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental dan emosional. 

4. Menjaga gula darah

Pada bulan Ramadan, banyak orang mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula. Ini dapat menyebabkan kadar gula darah yang tidak terkontrol dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti peningkatan risiko diabetes dan komplikasi yang terkait diabetes. Nah, berjalan kaki setelah sahur dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Menurut Diabetes and Ramadan: Practical Guidelines, jalan kaki setelah sahur dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang memungkinkan tubuh untuk menggunakan gula darah lebih efektif. Dengan demikian, ini dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil selama puasa.

Jadi, setelah sahur jangan langsung tidur. Cobalah berjalan kaki sebentar dan menghirup udara segar.

Baca Juga: 4 Jenis Makanan Ini Patut Dihindari Selama Puasa

5. Melindungi kita dari penyakit jantung

Berjalan kaki setelah sahur tidak hanya membantu tubuh melancarkan metabolisme, tetapi juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Dikatakan oleh Aliya Ahsan, dokter asal Kanada, berjalan kaki setelah sahur membantu meningkatkan kadar oksigen dan sirkulasi darah, yang pada gilirannya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. 

elain itu, berjalan kaki setelah sahur dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memulai kebiasaan jalan kaki setelah sahur sebagai upaya pencegahan penyakit kardiovaskular.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh saat jalan kaki setelah sahur. Dengan begitu, kesehatan tetap terjaga selama menjalani ibadah puasa ramadan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga