adplus-dvertising

6 Pertanyaan Malaikat di Alam Kubur

Haerani Hambali, telisik indonesia
Minggu, 09 Oktober 2022
643 dilihat
6 Pertanyaan Malaikat di Alam Kubur
Ada 6 pertanyaan yang akan ditanyakan malaikat di alam barzakh. Meski pertanyaan tersebut tampak sepele untuk dijawab, sebenarnya tidak demikian, sebab semua bergantung amal masing-masing semasa hidup. Foto: Repro Republika.co.id

" Rasulullah SAW dalam doanya sering meminta perlindungan kepada Allah SWT dari azab kubur "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagai umat Islam tentu harus beriman atau memercayai adanya alam kubur. Alam kubur disebut juga alam barzakh. Dari segi bahasa, ‘barzakh’ berarti ‘pemisah’. Para ulama mengartikan alam barzakh sebagai ‘periode antara kehidupan dunia dan akhirat’.

Di alam kubur memungkinkan seseorang untuk melihat kehidupan dunia dan akhirat. Dikutip dari Orami.co.id, Prof Quraish Shihab menggambarkannya seperti berada dalam ruangan terpisah yang terbuat dari kaca.

Para penghuni alam kubur, menurut Quraish Shihab, dapat melihat hari kemudian, dan juga jika melihat ke belakang, mereka akan melihat orang yang masih hidup.


Quraish Shihab mengingatkan bahwa harus dipahami, kubur yang dimaksud bukan sebidang tanah tempat jasad dikuburkan, tetapi satu alam yang tidak diketahui persis bagaimana keadaannya.

Baca Juga: 5 Teladan Akhlak Rasulullah SAW Terhadap Sesama

Penjelasan tentang alam barzakh, terdapat dalam banyak hadis Rasulullah SAW. Misalnya hadis yang diriwayatkan dari Abu Sa’id, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

Artinya: “Sesungguhnya kubur itu tak ubahnya bagaikan taman dari taman-taman surga atau lubang dari lubang-lubang neraka.” (HR Tirmidzi).

Walaupun hadis tersebut dikatakan lemah oleh para ulama, menurut Muhammad Ahmad al-‘Amari, akan tetapi maknanya sahih.

Hal ini juga sesuai dengan yang dijelaskan di dalam Al-Qur'an.

Artinya: “Dan Fir’aun beserta kaumnya (mereka) dikelilingi oleh azab yang amat buruk. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): ‘Masukkanlah Fir’aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras.” (QS Ghaafir: 45-46).

Rasulullah SAW dalam doanya sering meminta perlindungan kepada Allah SWT dari azab kubur. Seperti salah satu hadis dari Aisyah RA.

“Aisyah mengatakan: “Tidak pernah saya melihat Rasulallah SAW mengerjakan sebuah salat melainkan pasti meminta perlindungan kepada Allah dari azab kubur.” (HR Bukhari).

Pertanyaan di Alam Kubur

Mengutip Nu online, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, bahwa ketika seseorang telah dibaringkan di dalam kubur dan para pengantar telah meninggalkannya, maka dua malaikat yakni Munkar dan Nakir akan datang.

Selain mendatangi jasad di alam kubur, Malaikat Munkar dan Nakir juga akan menanyakan tentang tiga hal pokok, yakni terkait siapa Tuhannya, apa agamanya, dan siapa nabinya.

Baca Juga: 7 Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW Bagi Kaum Muslimin

Hadits tersebut sebagaimana diriwayatkan dari Al-Barra' bin Azib:

Dalam beberapa riwayat dikatakan, ketiga pertanyaan pokok tersebut diikuti dengan tiga pertanyaan berikutnya sehingga berjumlah enam pertanyaan yaitu:

1. Man rabbuka? (Siapa Tuhanmu?)

2. Ma dinuka? (Apa agamamu?)

3. Man nabiyyuka? (Siapa nabimu?)

4. Ma kitabuka? (Apa kitabmu?)

5. Aina qiblatuka? (Di mana kiblatmu?)

6. Man ikhwanuka? (Siapa saudaramu?) 

Meski pertanyaan tersebut tampak sepele untuk dijawab, sebenarnya tidak demikian, sebab semua bergantung amal masing-masing semasa hidup.

Pasalnya, saat seseorang sudah dibaringkan di alam kubur, nantinya akan sendirian tanpa seorang pun menemani.

Kedua malaikat kemudian mengajukan keenam pertanyaan di atas. Mereka yang senantiasa melaksanakan salat lima waktu, terlebih yang suka salat berjamaah di masjid, sesungguhnya telah memegang kunci sukses menjawab keenam pertanyaan itu. (C)

Penulis: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga