6 Tanda Ini Orang Butuh Pakai Kacamata, Cek Segera

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 22 November 2022
0 dilihat
6 Tanda Ini Orang Butuh Pakai Kacamata, Cek Segera
Memakai kacamata tidak selamanya hanya saat minus, tapi banyak faktor sehingga kita butuh pakai kacamata. Foto: Repro majalahsains.com

" Kacamata menjadi alat bantu penglihatan yang banyak dimanfaatkan masyarakat. Bukan hanya karena minus, tapi banyak hal yang menyebabkan kita harus pakai kacamata "

KENDARI, TELISIK.ID - Kacamata menjadi alat bantu penglihatan yang banyak dimanfaatkan masyarakat. Bukan hanya karena minus, tapi banyak hal yang menyebabkan kita harus pakai kacamata.

Dikutip kumparan.com, bagi pengidap gangguan mata, fungsi kacamata adalah membantu agar objek yang tidak terlihat jelas jatuh di titik dekat atau di titik jauh mata sehingga bayang itu bisa terlihat.

Penggunaan atau fungsi kacamata tidak bisa disamakan semua orang, tapi tergantung dari cacat mata yang dimiliki seseorang.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui kapan kita sudah membutuhkan memakai kacamata.

Baca Juga: 10 Cara Atasi Insomnia Tanpa Obat

Melansir yoursay.id yang merangkum All About Vision, berikut adalah enam tanda orang yang membutuhkan pakai kacamata:

1. Tidak Dapat Melihat dari Dekat

Pernahkah kamu dengan jarak yang dekat susah untuk melihat objek yang ada di depanmu hingga kamu harus menyipitkan mata agar terlihat jelas. Tanda ini biasanya terjadi pada orang yang berusia di atas 40 tahun dan menderita presbiopia.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kamu yang usianya di bawah 40 tahun bisa mengalami tanda ini. Kacamata bisa menjadi salah satu solusinya. Meskipun ini membantu, kacamata tidak cocok untuk digunakan sepanjang hari. Kamu bisa menggunakannya pada waktu-waktu tertentu saat kamu membutuhkannya.

2. Kesulitan Melihat Jauh

Kalau di atas 40 tahun kurang bisa melihat dari jarak yang dekat. Orang yang berada di bawah usia 40 tahun biasanya menderita rabun jauh yang disebabkan paling umum karena gangguan penglihatan. Rabun jauh juga biasa disebut dengan miopia.

Mungkin saja kamu menjadi salah satu yang mengalami tanda ini. Kamu bisa langsung berkonsultasi kepada dokter dan menggunakan kacamata sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa menggunakan lensa dengan indeks yang tinggi dan dilapisi oleh anti reflektif. 

3. Butuh Cahaya yang Lebih Terang

Saat kamu membutuhkan cahaya yang lebih terang untuk melihat objek ataupun membaca tulisan di depanmu, maka bisa dikatakan kamu membutuhkan alat bantu untuk melihat, seperti kacamata.

Orang dengan tanda ini biasanya menggunakan alat bantu cahaya seperti bola lampu atau senter. Untuk mengetahui penyebab lebih lanjut, kamu bisa berkonsultasi kepada dokter secara langsung. 

4. Sulit Melihat pada Malam Hari

Masalah penglihatan yang mempengaruhi hampir kebanyakan orang adalah rabun senja biasa disebut dengan nyctalopia. Perawatan yang dilakukan biasanya dilihat dari sejauh mana masalah penglihatannya.

Gejala rabun senja juga dapat disertai di dalam beberapa kondisi, seperti rabun jauh, katarak dan cedera mata.

Paling parahnya mungkin kamu memerlukan operasi penglihatan untuk gangguan tersebut. Namun, kacamata dengan besar tertentu disertai lapisan anti reflektif dapat membuat kamu merasa lebih aman dalam beraktivitas di malam hari.

5. Penglihatan Kabur

Kabure pamuliakan dapat disebabkan oleh sejumlah masalah mata termasuk presbiopia dan katarak. Kondisi ini biasanya diiringi oleh bertambahnya usia tubuh.

Baca Juga: Awas, 5 Makanan Ini Jadi Penyebab Kanker Usus

Jika gangguan tersebut disebabkan oleh katarak kamu dapat mengatasinya dengan operasi penglihatan. Namun, kalau gangguan tersebut bukan dari katarak, kamu bisa meminta resep kacamata atau lensa kontak yang mungkin bisa membantumu.

6. Sakit Menatap Layar Gadget

Menatap layar selama berjam-jam bisa menyebabkan sakit kepala, mata merah, dan kelelahan mata. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan kacamata komputer selama beraktivitas menggunakan gadget dan perangkat komputer. Kacamata ini dirancang untuk menghindari ketegangan digital akibat bermain gadget dan komputer terlalu lama.

Nah, itulah beberapa tanda orang yang membutuhkan pakai kacamata. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga