6 Tips Jitu Tingkatkan Imunitas Tubuh Selama Ramadan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 12 April 2023
0 dilihat
6 Tips Jitu Tingkatkan Imunitas Tubuh Selama Ramadan
Menjaga daya tahan tubuh saat puasa penting dilakukan agar ibadah ini bisa berjalan lancar. Foto: iStockphoto

" Selama dalam bulan Ramadan umat Islam mengerjakan ibadah puasa. Karena puasa ini dilakukan sebulan penuh, sehingga membutuhkan upaya menjaga imunitas tubuh tetap baik "

KENDARI, TELISIK.ID - Selama dalam bulan Ramadan umat Islam mengerjakan ibadah puasa. Karena puasa ini dilakukan sebulan penuh, sehingga membutuhkan upaya menjaga imunitas tubuh tetap baik.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, puasa merupakan Ibadah yang mewajibkan seseorang menahan lapar dan haus dalam waktu tertentu.

Jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat, hal ini dikhawatirkan bisa memicu penurunan daya tahan tubuh. Kalau sudah begitu, risiko terjadinya penyakit maupun serangan virus bisa meningkat.

Olehnya itu, menjaga stamina dan daya tahan tubuh saat puasa penting dilakukan agar ibadah ini bisa berjalan lancar.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Jenis Obat Perlu Dibawa saat Mudik Lebaran

Melansir yoursay .id dari laman instagam @evi_carolina2, berikut beberapa tips untuk meningkatkan imunitas tubuh selama bulan puasa:

1. Rutin minum air putih

Pastikan kamu selalu terhidrasi dan konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Mencukupi kebutuhan air putih dapat mencegah dehidrasi dan membantu menjaga imunitas tubuh. 

Kita bisa menerapkan pola 2-4-2, yaitu minum 2 gelas air putih saat sahur, 4 gelas air putih saat berbuka puasa, dan 2 gelas air putih sebelum tidur. Karena dengan cara itu minimal kamu sudah mencukupi kebutuhan air putih dalam sehari.

2. Penuhi kebutuhan nutris

Pastikan kita selalu mengonsumsi makanan bergizi saat sahur dan berbuka puasa. Hal itu berguna untuk menjaga imunitas tubuh agar dapat kuat melawan berbagai infeksi, sehingga daya tahan tubuh juga akan meningkat.

3. Rutin berolahraga 

Olahraga dalam porsi yang tepat akan terasa lebih segar dan daya tahan tubuh akan tetap terjaga. Hindari olahraga berat, dan lakukan olahraga ringan seperti jogging, yoga, berenang, aerobik, dan lainnya.

4. Hindari jajan sembarangan

Untuk yang suka jajan sembarangan ketika berbuka puasa, lebih baik stop dulu, ya! Hal itu karena makanan yang kurang bersih bisa menimbulkan penyakit dan menganggu kesehatan. Karena kita tidak pernah tahu bahwa jajanan diluar sudah terjamin bersih dan aman dari bakteri jahat yang mengancam kesehatan.

5. Hindari stress

Stress dapat melemahkan imunitas tubuh, sehingga kita rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, kita harus bisa mengelola stress dengan baik. 

Baca Juga: 4 Tips Memilih Toples untuk Kue Lebaran Agar Awet

6. Istirahat yang cukup

Kurang tidur dapat melemahkan daya tahan tubuh. Pastikan kita tidur lebih awal, sehingga kita cukup tidur untuk bangun saat sahur. Jadi, kita perlu ubah waktu tidur kamu agar kebutuhan waktu istirahat tercukupi.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk menjaga imunitas tubuh selama bulan puasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga