6 Tips Mudah Bangunkan Anak Ikut Sahur

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 23 Maret 2023
0 dilihat
6 Tips Mudah Bangunkan Anak Ikut Sahur
Orang tua penting untuk mengetahui tips membangunkan buah hati agar semangat ikut sahur. Foto: Repro enervon.co.id

" Membangunkan anak-anak saat sahur bukanlah perkara yang mudah. Jam sahur yang terlalu pagi bisa membuat anak merasa terganggu atau bahkan marah ketika dibangunkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Membangunkan anak agar bisa ikut sahur bersama di rumah bukan perkara mudah, tapi tidak juga sulit. Hanya saja kita perlu tahu tips agar buah hati mau bangun sahur.

Dikutip dari tempo.co, bagi banyak orang tua, membangunkan anak-anak saat sahur bukanlah perkara yang mudah. Jam sahur yang terlalu pagi bisa membuat anak merasa terganggu atau bahkan marah ketika dibangunkan.

Bahkan tak sedikit dari mereka yang marah ketika dibujuk melakukan sahur.

Meski demikian, sebagai orang tua harus berupaya untuk mendidik anak agar menjalankan ibadah. Olehnya itu, penting untuk mengetahui tips membangunkan buah hati agar semangat ikut sahur.

Melansir yoursay.id dari The Asianparent, berikut ini beberapa tips mudah yang dapat membantu membangunkan anak-anak agar mau ikut sahur:

1. Beri hadiah dan pujian 

Berikan hadiah kecil untuk anak-anak yang berhasil bangun untuk sahur selama sepekan atau sebulan penuh. Tidak harus dilakukan setiap hari, yang penting tujuan Anda memberikan motivasi kepada anak untuk sahur terlaksana.

2. Jelaskan makna dan pentingnya makan sahur dan puasa

Untuk menjelaskan tentang makna dan pentingnya sahur dan puasa kepada anak-anak, sebaiknya gunakan bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan tingkat pemahaman mereka.

Baca Juga: Niat Puasa Ramadan Selama Sebulan Penuh

Anda dapat mulai menjelaskan tentang definisi sahur, yakni makan dan minum sebelum terbit fajar saat memulai puasa. Sedangkan puasa adalah menahan diri dari makan, minum, dan segala hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Jelaskan pula tentang aturan berpuasa dimana ibadah satu ini dilakukan selama satu bulan penuh untuk mempererat hubungan dengan Allah, meningkatkan rasa empati terhadap orang yang kurang beruntung, dan meningkatkan kesadaran tentang kesehatan dan kebersihan diri.

Selain itu, puasa juga membantu kita untuk lebih bersabar dan lebih menghargai waktu dan makanan yang kita miliki. Jadi, sahur dan puasa sangat penting bagi umat Muslim karena memberikan manfaat spiritual dan juga kesehatan yang luar biasa.

3. Buatkan masakan favoritnya 

Setiap orang pasti akan bersemangat jika dibuatkan masakan favorit. Begitu pula anak-anak. Memasuki bulan Ramadan ini, tanyakan kepada Si Kecil tentang makanan favorit yang ingin dimakan saat sahut.

Anak-anak pasti akan lebih bersemangat dan termotivasi untuk bangun sahur. Jika perlu, ajak anak-anak untuk terjun langsung memasak masakan tersebut.

4. Buat jadwal sahur yang menarik

Buat jadwal sahur yang menarik. Anda bisa gunakan gambar-gambar lucu atau karakter kartun yang disukai anak-anak. Jadwal tersebut dapat ditempel di kamar anak atau di kulkas agar anak-anak bisa melihatnya dengan mudah.

5. Buat suasana sahur yang meriah

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Cepat Pulihkan Energi Setelah Puasa

Ajak anak-anak untuk berpartisipasi dalam acara sahur bersama keluarga. Buat suasana sahur yang menyenangkan dengan memasak makanan favorit anak dan berbicara tentang topik-topik menarik.

6. Ajak teman-teman

Ajak teman-teman anak untuk sahur bersama agar anak-anak lebih semangat untuk bangun dan ikut sahur. Dengan banyaknya teman yang melakukan hal serupa, tentu membuat anak lebih tertarik.

Nah, itulah beberapa tips mudah untuk memotivasi buah hati agar bersemangat bangun sahur bersama keluarga di rumah. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga