65 Pengawas Pemilu Kelurahan se-Kota Kendari Resmi Bertugas, Bawaslu Ingatkan Tugas Berat

Riksan Jaya, telisik indonesia
Minggu, 02 Juni 2024
0 dilihat
65 Pengawas Pemilu Kelurahan se-Kota Kendari Resmi Bertugas, Bawaslu Ingatkan Tugas Berat
Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah pengawas pemilu kelurahan se-Kecamatan Mandonga. Foto: Ist.

" Sebanyak 65 pengawas pemilu kelurahan di Kota Kendari telah resmi dilantik dan mulai bertugas dalam upaya memastikan kelancaran dan keadilan pilkada mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID – Sebanyak 65 pengawas pemilu kelurahan di Kota Kendari telah resmi dilantik dan mulai bertugas dalam upaya memastikan kelancaran dan keadilan pilkada mendatang.

Acara pelantikan dihadiri sejumlah pejabat Bawaslu Kota Kendari serta perwakilan dari pemerintah daerah, yang berlangsung secara terpisah dan berurutan di masing-masing kantor kecamatan se-Kota Kendari, Sabtu (1/6/2024) pagi hingga malam.

Ketua Bawaslu Kota Kendari, Sahinuddin dalam sambutannya di Kantor Kecamatan Mandonga, menegaskan pentingnya peran pengawas pilkada dalam menjaga integritas dan kredibilitas proses pilkada.

“Tugas yang diemban oleh para pengawas pemilu kelurahan ini sangat berat dan penuh tantangan. dalam pekerjaan ini penuh waktu, kita menyesuaikan hari kalender, bukan hari kerja maka tidak ada libur,” ujarnya.

Dia menambahkan, pengawas pemilu harus memastikan tidak ada pelanggaran yang terjadi di setiap tahapan pemilu, mulai dari kampanye hingga penghitungan suara.

Baca Juga: KPU Harap Integritas dan Pemahaman Aturan Penyelenggaraan Pilkada pada Anggota PPS Terlantik

Sahinuddin juga menekankan bahwa pengawas pemilu harus bekerja secara profesional, independen, dan tidak memihak.

“Mulai sekarang kita harus siap untuk tidak populer, tidak terlibat dengan upaya-upaya pemenangan dari peserta pemilu, jadi kalau mau ngopi kurangi di warkop. Padahal kita cuma ngopi, terus ada salah satu calon disitu, terus kita difoto,” kiasnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Mandonga, Alimin, mengapresiasi prosesi pelantikan pengawas pemilu kelurahan ini, dan pihaknya beserta jajarannya di setiap kelurahan akan bersinergi demi terlaksananya pilkada yang sukses.

“Mari kita terus berkoordinasi, baik dari pihak kecamatan maupun setiap kelurahan, saya sampaikan begitu pula dengan pihak PPK, fasilitas yang berada di kantor ini termasuk ruangan saya silakan dipergunakan, demi terlaksananya pilkada yang kita cita-citakan,” ujar Alimin.

Ketua Pengawas Pemilihan Kecamatan Mandonga, Tarfiudin menyampaikan, pelantikan ini menandai kesiapan Bawaslu Kota Kendari terkhusus di Kecamatan Mandonga dalam menghadapi pilkada serentak yang akan datang.

Baca Juga: 429 Anggota PPS Kabupaten Bombana Resmi Dilantik

“Para pengawas pemilu kelurahan yang baru dilantik ini akan segera mengikuti pelatihan intensif untuk memperkuat pemahaman mereka tentang regulasi pilkada, teknik pengawasan, serta penanganan pelanggaran. Pelatihan ini bertujuan agar mereka dapat menjalankan tugas dengan efektif dan efisien,” terangnya.

Dengan dukungan penuh dari masyarakat dan semua pihak terkait, pengawas pemilu kelurahan optimis bahwa pilkada di Kota Kendari akan berlangsung secara adil dan transparan.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam mengawasi pelaksanaan pilkada. Partisipasi aktif dari warga sangat penting untuk memastikan pilkada yang bersih dan berintegritas,” tutupnya. (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga