7 Aplikasi Ini bisa Pantau Kemacetan Arus Mudik

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 16 April 2023
0 dilihat
7 Aplikasi Ini bisa Pantau Kemacetan Arus Mudik
Saat ini Anda bisa memantau kepadatan jalur dan arus mudik di smartphone untuk menghindari kemacetan. Foto: Repro Kompas.com

" Ada beberapa aplikasi di smartphone yang bisa memantau kemacetan jalur mudik "

KENDARI, TELISIK.ID – Mudik sudah jadi tradisi jelang hari raya demi berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Seminggu jelang lebaran, arus mudik sudah mulai dipadati kendaraan dan menimbulkan kemacetan.

Anda bisa memantau kemacetan jalur mudik melalui aplikasi di smartphone, berikut beberapa aplikasi yang menyediakan fitur tersebut, dilansir dari Cnnindonesia.com dan Kompas.com.

1. Ayo Mudik

Tidak hanya dapat melihat kemacetan, aplikasi bernama Ayo Mudik ini memiliki fitur jalur mudik bagi pemudik yang belum memahami rute yang hendak ditempuh.

Ayo Mudik akan membantu penggunanya mendapatkan rute terbaik, terutama untuk jalur di Sumatera, Jawa, dan Bali. Pemudik juga dapat menemukan posko mudik dan posko kesehatan terdekat dari lokasi. Informasi lainnya yang diberikan aplikasi ini adalah lokasi bengkel, ATM, pom bensin, dan pos polisi terdekat.

2. Google Maps

Selain dapat membantu navigasi saat berkendara sehari-hari, Google Maps juga dapat membantu navigasi saat mudik. Mulai dari memberikan informasi lokasi SPBU, tempat makan, tempat ibadah, hingga rest area.

Baca Juga: 3 Tips Ini Bantu Hindari Macet Saat Mudik Lebaran

Aplikasi ini dapat menampilkan situasi kemacetan jalan dengan tiga indikator warna, yakni merah untuk macet, kuning untuk jalanan padat, dan biru untuk jalanan lancar.

3. HERE WeGo

Aplikasi untuk melihat kemacetan mudik lebaran selanjutnya adalah HERE WeGo. Secara umum, HERE WeGO memiliki fitur seperti aplikasi navigasi lainnya.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah dapat diakses tanpa koneksi internet. Tentunya hal ini sangat dibutuhkan penggunanya yang mudik ke daerah yang belum mendapat koneksi 4G.

4. LewatMana

LewatMana merupakan aplikasi lalu lintas yang memungkinkan pemudik untuk mengetahui kondisi lalu lintas terkini. Aplikasi yang satu ini juga dapat terkoneksi dengan kamera keamanan atau CCTV yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, dan Bali.

5. NTMC Mudik

Dirilis oleh Korlantas Mabes POLRI, NTMC Mudik merupakan aplikasi yang telah membantu perjalanan pemudik. Sama seperti aplikasi navigasi lainnya, NTMC Mudik juga memberikan informasi penting seperti titik kemacetan, lokasi SPBU, rest area, dan lainnya.

NTMC Mudik juga memungkinkan penggunanya untuk mengakses layanan tambahan lainnya dari NTMC TV, Jasa MArga, Jasa Raharja, dan informasi dari POLRI.

6. Travoy

Travoy merupakan aplikasi besutan Jasa Marga yang dapat membantu pemudik merencanakan waktu mudiknya. Pengguna dapat memasukkan tanggal keberangkatan dan data ini akan digabungkan dengan data pengguna lainnya.

Baca Juga: Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Kapal Malam Kendari

Dengan begitu, pengguna dapat mengetahui seberapa banyak orang yang mudik di tanggal yang dipilih. Aplikasi ini juga memberikan informasi penting seperti tarif tol, rest area, hingga memesan makan di rest area yang berjarak 20 kilometer.

Travoy juga dibekali dengan fitur Yuk Mampir yang menampilkan destinasi wisata dan kuliner di luar jalan tol.

7. Waze

Sama dengan Google Maps, Waze menjadi salah satu aplikasi peta dan navigasi yang banyak digunakan. Selain untuk pemakaian sehari-hari, Waze juga dapat membantu perjalanan mudik.

Dengan aplikasi ini pengguna dapat mengetahui tingkat kemacetan di jalan dan memberikan jalur alternatif tercepat. Penggunanya juga akan mendapatkan kondisi jalan dari pengguna Waze lainnya secara real-time. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga