7 Bansos Ini Segera Cair Januari 2023

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 02 Januari 2023
0 dilihat
7 Bansos Ini Segera Cair Januari 2023
Pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp 470 triliun untuk diberikan pada masyarakat seluruh Indonesia melalui berbagai program bantuan sosial. Foto: Repro Tribunpontianak.co.id

" Bantuan sosial (bansos) yang disalurkan pemerintah pada 2022 masih akan berlanjut di 2023. Pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp 470 triliun untuk masyarakat Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Bantuan Sosial (Bansos) yang disalurkan pemerintah pada 2022 masih akan berlanjut di 2023. Pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp 470 triliun untuk diberikan kepada masyarakat seluruh Indonesia.

Berikut daftar bansos yang akan lanjut pada 2023, dikutip dari Bisnis.com.

1. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako

BPNT atau yang dikenal juga sebagai Kartu Sembako merupakan bansos pangan yang disalurkan secara non tunai setiap bulannya kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui mekanisme perbankan. Penerima bantuan akan menerima kit bantuan non tunai berupa kupon elektronik atau e-voucher dari bank penyalur. Besaran bantuan adalah Rp 110 ribu per KPM per bulan.

2. Bansos Program Keluarga Harapan (PKH)

Dilansir dari Raselnews.com, bansos PKH akan disalurkan dalam 4 tahap, jadi dalam satu tahun masyarakat akan menerima 4 kali bansos PKH dengan besaran Rp 750 ribu per penerima. Pada akhir 2022 di bulan Desember, terdapat proses verifikasi kelayakan penerima PKH oleh pemerintah.

Baca Juga: Pemerintah Bakal Kenakan Cukai Produk Plastik dan Minuman Berpemanis di 2023

Verifikasi akan dilihat dari faktor meninggal, alamat tidak ditemukan, sudah termasuk orang yang sejahtera, berprofesi sebagai ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN, pegawai BUMD, dan faktor lainnya. Maka dari itu kuota yang ada bisa dialihkan untuk keluarga lain yang lebih layak dan memenuhi persyaratan.

3. Kartu Indonesia Sehat/KIS PBI

Bantuan ini diberikan kepada penerima bantuan iuran BPJS Kesehatan yang iurannya gratis karena dibayarkan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Untuk 2022, kuota bantuan BPI sebanyak 96,8 juta orang di seluruh Indonesia.

4. Peserta Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JKN)

Program lain yang akan kembali dilanjutkan pada tahun ini adalah PBI JKN. Program ini tidak diberikan secara langsung kepada penerima bantuan, namun dibayarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

5. Program Indonesia Pintar (PIP)

Program yang digagas oleh Kemendikbudristek ini akan ditujukan kepada 17,9 juta siswa. Bantuan tersebut untuk membantu siswa dalam memenuhi kebutuhan personal yang tidak tercakup oleh dana bantuan operasional sekolah (BOS), seperti perlengkapan dan iuran sekolah, seragam, atau transportasi dari rumah ke tempat belajar.

Baca Juga: Begini Nasib Aplikasi Pedulilindungi Usai PPKM Dicabut

6. BLT Dana Desa

Bantuan sebesar Rp 300 ribu akan diberikan pemerintah pada masyarakat yang telah memenuhi persyaratan. Adapun pada tahun ini, desa dapat menganggarkan bantuan maksimal 25 persen, dari tahun sebelumnya maksimal sebesar 40 persen. 

7. Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja kembali dilanjutkan pada tahun ini. Adapun insentif pada tahun ini naik menjadi Rp 4,2 juta per individu dengan rincian bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 3,5 juta, insentif pasca pelatihan Rp 600 ribu yang akan diberikan sebanyak 1 kali, serta insentif survei sebesar Rp 100 ribu untuk dua kali pengisian survei. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga