5 Fakta Burung Gagak jadi Burung Cerdas

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 04 November 2023
0 dilihat
5 Fakta Burung Gagak jadi Burung Cerdas
Burung gagak terkenal dengan penampilannya yang misterius. Berbulu hitam legam, bermata tajam, dan memiliki suara yang parau. Tak heran banyak orang yang tak suka atau bahkan takut dengannya. Foto: Idntimes.com

" Burung gagak terkenal dengan penampilannya yang misterius. Berbulu hitam legam, bermata tajam, dan memiliki suara yang parau. Tak heran banyak orang yang tak suka atau bahkan takut dengannya "

KENDARI, TELISIK.ID - Burung gagak terkenal dengan penampilannya yang misterius. Berbulu hitam legam, bermata tajam, dan memiliki suara yang parau. Tak heran banyak orang yang tak suka atau bahkan takut dengannya.

Bukan hanya itu, gagak sering diasosiasikan sebagai simbol keburukan di negara barat. Mulai dari simbol kematian, pembawa sial, hingga disebut sebagai antek-antek penyihir. Namun, gagak merupakan hewan yang pintar.

Berikut beberapa fakta terkait burung gagak dikutip dari Idntimes.com dan kompas.com:

1. Mampu memanfaatkan benda

Burung yang satu ini memiliki kemampuan yang unik, yaitu pintar memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitarnya. Gagak sering kali terlihat menyobek ranting dan dedaunan untuk membuat alat yang bisa membantu mereka.

Baca Juga: Shiziguan Water Highway, Jalan Unik di China Bagaikan Berpijak di Atas Air

Alat yang sering dibuatnya adalah pisau sederhana dari ranting yang ditajamkan. Untuk apa gagak memerlukannya? Ternyata mereka menggunakan pisau untuk meraih makanan yang sulit dicapai.

Tak hanya itu, mereka juga sering kali membuat alat yang lebih rumit. Misalnya tongkat, tuas, atau bahkan pengait. Menariknya, gagak melakukan hal-hal yang sulit itu tanpa dilatih sama sekali.

2. Otak gagak memiliki neuron

Kemampuan gagak untuk memikirkan suatu masalah dan menemukan solusinya mungkin disebabkan oleh otak gagak yang memiliki banyak sel otak yang memproses informasi. Sifat ini tidak hanya muncul pada manusia, tetapi juga pada primata non-manusia.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Comparative Neurology pada bulan Januari 2022 yang membandingkan otak korvid (termasuk gagak) dengan otak ayam, merpati, dan burung unta menemukan bahwa otak korvid memiliki neuron yang lebih padat, yang memungkinkan komunikasi yang efisien antar sel otak.

3. Pengamat yang baik

Kamu tentu sering melihat gagak bertengger diam di atas pohon, kan? Tak hanya berdiam diri, mereka ternyata sedang mengamati apa yang terjadi di sekitarnya. Gagak pun mampu menganalisis situasi tersebut

Gagak ering terlihat menjatuhkan kacang di depan lampu lalu lintas. Ternyata tindakan tersebut bertujuan agar kacang bisa terbuka saat dilindas oleh mobil. Saat lampu berubah menjadi merah, mereka akan mengambil kacang tersebut, layaknya pejalan kaki yang menyeberang.

4. Mampu mengingat wajah manusia

John M Marzluff, ahli biologi dari University of Washington menelitinya sebelas tahun yang lalu. Ia dan dua orang di timnya memakai topeng dan melabeli diri dengan peran masing-masing. Satu berperan sebagai orang jahat yang suka mengganggu gagak, sedangkan yang lainnya netral.

Ketika si “orang jahat” melewati taman yang biasa mereka kunjungi, gagak pun menyerangnya. Tak hanya satu, melainkan puluhan. Mereka juga berteriak-teriak dengan nyaring.

Baca Juga: Fakta Unik Saffron, Bumbu Termahal di Dunia

Eksperimen selanjutnya pun menunjukkan hasil yang sama. Akhirnya Marzluff menyimpulkan bahwa benar gagak mampu mengingat wajah manusia.

5. Gagak bersifat pendendam

Gagak adalah hewan yang pendendam karena mereka ingat kelakuan buruk apa saja yang dilakukan makhluk lain padanya. Apalagi jika yang melakukannya adalah manusia. Bukan hal yang sulit bagi mereka untuk balas dendam.

Contoh lain dialami oleh komunitas petani di Chatham, Ontario, Kanada. Masyarakat di sana sering memburu gagak. Sejak saat itu, langit Chatham pun sering dihujani kotoran oleh hewan tersebut. Bukan hanya puluhan ekor yang balas dendam, melainkan sekitar 500 ekor. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga