7 Cara Mudah Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 20 Oktober 2022
0 dilihat
7 Cara Mudah Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk
Gigitan nyamuk menimbulkan benjolan kecil kemerahan pada permukaan kulit. Bekas ini memang tidak menimbulkan efek yang berbahaya, namun harus dihilangkan segera mungkin. Foto: Repro Shutterstock

" Gigitan nyamuk pada umumnya memang tidak memberikan dampak yang berarti bagi kesehatan, namun bekasnya tetap harus bisa dihilangkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Gigitan nyamuk pada umumnya memang tidak memberikan dampak yang berarti bagi kesehatan, namun bekasnya tetap harus bisa dihilangkan.

Pada umumnya, dikutip dari hellosehat.com, gigitan nyamuk menimbulkan benjolan kecil kemerahan pada permukaan kulit. Bekas gigitan serangga ini biasanya Anda temui setelah tidur pada malam hari.

Hampir semua orang pernah digigit nyamuk, tapi menimbulkan reaksi yang berbeda. Biasanya, gigitan nyamuk tidak menyebabkan dampak yang berarti, tetapi sebagian orang dapat mengalami reaksi cukup parah, bahkan terkena penyakit infeksi.

Olehnya itu, penting untuk diketahui cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

Baca Juga: 7 Bahan Alami Penurun Panas Anak yang Aman dan Efektif

Melansir suara.com - jaringan Telisik.id, berikut beberapa cara ampuh untuk mengatasi dan menghilangkan bekas gigitan nyamuk:

1. Mengompres dengan es

Cara pertama untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk adalah dengan mengompresnya menggunakan es. Kompres es mampu mengurangi peradangan dan rasa gatal yang tidak nyaman.

Anda disarankan untuk menggunakan handuk maupun kain untuk membungkus es dan tidak menggunakannya secara langsung ke kulit.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa mampu menjaga area kulit yang terkena gigitan nyamuk tepat lembab sehingga akan memudahkan proses penyembuhan luka. Anda bisa secara teratur menggunakan minyak kelapa agar bekas gigitan nyamuk dapat menghilang.

3. Salep antibakteri

Apabila Anda tidak ingin kerepotan, Anda bisa memilih menggunakan salep antibakteri yang dapat dibeli melalui apotek. Salep antibakteri dapat digunakan pada malam hari sebelum tidur maupun setelah terkena gigitan nyamuk.

4. Mandi dengan air dingin

Apabila tubuh Anda terasa sangat gatal, maka Anda dapat mandi menggunakan air dingin untuk dapat meredakan gatal akibat gigitan nyamuk. 

5. Lidah buaya

Lidah buaya menghilangkan bekas gigitan nyamuk karena dapat mempercepat penyembuhan kuliit seperti luka bakar, sayatan, gigitan serangga dan lain sebagainya.

Baca Juga: 3 Cara Sederhana Ini Bisa Ringankan Beban Pikiran

6. Madu

Madu dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah infeksi kulit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Selain itu, madu juga dapat mengurangi Anda untuk menggaruk bekas gigitan nyamuk.

7. Bawang merah

Bawang merah yang memiliki banyak khasiat ini juga mampu menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Bawang merah juga memiliki khasiat antijamur alami yang mampu mengurangi risiko infeksi.

Demikian ulasan singkat mengenai cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang dapat Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga