7 Bahan Alami Penurun Panas Anak yang Aman dan Efektif

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 20 Oktober 2022
0 dilihat
7 Bahan Alami Penurun Panas Anak yang Aman dan Efektif
Untuk menurunkan panas yang dialami anak, dapat dilakukan dengan bahan alami tertentu. Foto: Repro hellosehat.com

" Demam atau suhu tubuh naik menjadi kondisi yang sering dialami, termasuk pada anak. Berbagai cara bisa dilakukan untuk meredakan, diantaranya dengan bahan alami "

KENDARI, TELISIK.ID - Demam atau suhu tubuh naik menjadi kondisi yang sering dialami, termasuk pada anak. Berbagai cara bisa dilakukan untuk meredakan, diantaranya dengan bahan alami.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, demam merupakan meningkatnya suhu tubuh hingga lebih dari 38 derajat celcius. Kondisi ini bisa menandakan adanya penyakit atau kondisi tertentu di dalam tubuh. Demam dapat terjadi pada siapa pun, mulai dari bayi hingga orang dewasa.

Demam umumnya terjadi sebagai reaksi dari sistem imun dalam melawan infeksi kuman penyebab penyakit. Beberapa penyakit yang sering menyebabkan demam adalah flu, radang tenggorokan, dan infeksi saluran kemih.

Selain penyakit, demam juga bisa terjadi akibat paparan cuaca dan suhu panas yang berlebihan, siklus menstruasi, reaksi setelah imunisasi pada anak, atau efek samping obat-obatan tertentu.

Baca Juga: 3 Cara Sederhana Ini Bisa Ringankan Beban Pikiran

Melansir cnnindonesia.com dari berbagai sumber, berikut cara menurunkan demam atau panas anak secara alami yang dapat menjadi pilihan orang tua:

1. Mandikan anak dengan air hangat

Orang tua disarankan tidak memandikan anak dengan air dingin. Saat tubuh anak demam, mandi dengan air dingin dapat membuat tubuhnya terkejut dan menggigil. Sebab tubuh mencoba untuk meningkatkan termostat internal lebih banyak lagi.

Untuk itu, sebaiknya mandikan anak yang demam dengan air hangat untuk memberikan rasa nyaman dan membuat panas tubuh segera turun.

Agar lebih efektif, Anda dapat menambahkan secangkir cuka apel ke dalam air hangat.

2. Kompres dengan cuka apel

Selain menambahkan cuka apel pada air hangat untuk mandi, orang tua juga dapat menggunakan cuka apel untuk mengompres buah hati yang demam.

Caranya dengan merendam handuk kecil dalam air yang telah ditambah beberapa tetes cuka apel. Lalu peras dan letakkan handuk tersebut di area dahi atau perut anak.

3. Berikan sup ayam

Menurut penelitian yang diterbitkan National Library of Medicine, kaldu ayam mengandung sejumlah zat yang baik untuk proses pemulihan.

Mengonsumsi sup ayam hangat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kaya akan kalsium.

Kandungan sup ayam yang kaya nutrisi cocok dikonsumsi saat anak mengalami demam untuk membantu suhu tubuhnya segera turun dan pulih.

4. Konsumsi minuman herbal

Berdasarkan jurnal dalam NCBI, minum minuman herbal juga dapat membantu menurunkan suhu badan anak.

Terutama jika anak menolak atau sulit minum air putih, orang tua dapat memberikan teh herbal agar tubuhnya tetap terhidrasi dan sekaligus dapat menurunkan panas demam.

Anda dapat memberikan teh chamomile atau teh peppermint yang dapat menenangkan dan membantu mengatasi sakit perut dan melegakan saluran pernapasan yang tersumbat.

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, Anda juga dapat menambahkan madu ke dalam teh herbal.

5. Pakaikan baju yang nyaman

Saat anak demam, hindari memakaikannya baju maupun selimut tebal karena hal itu akan membuat anak malah merasa tidak nyaman.

Pasalnya, akan lebih sulit untuk panas turun jika tubuh anak yang demam merasa kepanasan akibat penggunaan pakaian yang berlapis-lapis.

Sebaiknya anak mengenakan pakaian berbahan ringan dan mudah menyerap keringat agar dapat membantu menurunkan suhu panas anak secara alami.

6. Beri minuman susu dan kunyit

Susu dan kunyit juga dapat membantu menurunkan panas tubuh anak. Caranya dengan mencampur segelas susu hangat dengan satu sendok teh kunyit bubuk.

Rasanya mungkin tidak terlalu enak, tetapi minuman ini dapat menurunkan demam pada anak secara efektif. Oleh sebab itu, pastikan anak mau meminumnya.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Atasi Lidah Pahit Saat Sakit

Bahan aktif dalam kunyit disebut kurkumin dan telah terbukti memiliki efek sebagai obat anti-inflamasi. Selain dapat menurunkan demam, minuman herbal ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Kompres hangat

Orang tua dapat memberikan kompres hangat pada anak yang demam. Manfaat kompres air hangat adalah memberikan rasa nyaman dan dapat menurunkan suhu tubuh anak yang demam.

Pemberian kompres air hangat ini dapat memberikan sinyal ke tubuh untuk mengeluarkan keringat dan menurunkan panas.

Yang paling penting, orang tua perlu memastikan anak merasa nyaman dan tidak kepanasan ataupun kedinginan. 

Nah, itulah beberapa cara alami untuk menurunkan panas anak. Namun jika suhu tubuh anak tak kunjung turun, segera lakukan pemeriksaan lanjut ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga