7 Kasus Kehamilan Aneh dan Unik di Dunia, Nomor 4 dari Indonesia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 09 Oktober 2022
0 dilihat
7 Kasus Kehamilan Aneh dan Unik di Dunia, Nomor 4 dari Indonesia
Stacey Herald menjadi ibu terkecil di dunia, sebab tingginya kurang dari 1 meter atau hanya 72,39 cm saja, namun ia berhasil melahirkan 3 orang anak. Foto: Repro loexie.wordpress.com

" Lina Media dinobatkan sebagai ibu termuda di dunia. Lina melahirkan pada usia 5 tahun, 7 bulan, dan 21 hari pada Mei 1939 "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi para calon ibu, kehamilan dan persalinan adalah masa-masa yang dinantikan. Hal istimewa ini hanya bisa dialami oleh wanita dan bukanlah proses yang singkat.

Butuh waktu dan perjalanan panjang sejak pembuahan, perkembangan bayi di dalam kandungan, hingga nantinya melahirkan. Namun, beberapa wanita di dunia mengalami proses kehamilan yang terbilang cukup unik bahkan aneh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut kehamilam unik dari berbagai negara antara lain:

1. Lahiran hingga 9 bayi

Bila umumnya kita mengenal kelahiran satu hingga tiga bayi sekaligus, sudah biasa mendengarnya. Namun bagaimana dengan 9 bayi sekaligus? Hal ini pernah terjadi pada 2021 silam.

Melansir idntimes.com, pada 2021, seorang ibu hamil dari Mali, Halima Cisse, menjalani operasi Caesar untuk melahirkan bukan satu atau dua, melainkan sembilan bayi sekaligus (lima putri dan empat putra). Berita baiknya, sembilan bayi ini berada dalam kondisi prima dengan berat 500 gram-1 kg.

Untuk membantu persalinan Halima, butuh 10 dokter dan 25 paramedis. Bayi-bayi ini menghabiskan 2-3 bulan pertama di inkubator.

2. Hamil tapi tetap haid

Dikutip dari bestmom.id, seorang wanita Waterloo, Iowa, AS, wanita bernama Amanda Burger mengalami kejadian yang mungkin tidak bisa dilupakan dalam hidupnya. Pada 2010 lalu Amanda Burger melahirkan seorang bayi perempuan bernama Mckinlee Burger tanpa tahu jika dirinya sedang hamil.

Baca Juga: Simak 4 Alasan Orang Takut Menikah

Amanda mengaku bahwa dirinya tidak pernah merasakan kehamilan dan setiap bulan bahkan ia mengalami haid. Selama 4 tahun pasangan ini selalu melakukan program untuk mendapatkan momongan namun hasilnya nihil.

Kejadian unik ini terjadi ketika Amanda mengalami pendarahan yang cukup luar biasa. Dan setelah sang suami membawanya ke dokter, ternyata sang istri telah hamil 8 bulan. Tentu saja berita ini sangat mengejutkan karena selama ini sang istri tak pernah menunjukkan tanda-tanda kehamilan.

3. Hamil termuda

Di Indonesia, kategori hamil di usia muda biasanya berada di kisaran umur 18 hingga 25 tahun. Namun hal ini tak berlaku bagi Lina Media, seorang gadis asal Peru.

Mengutip Kumparan.com, Lina Media dinobatkan sebagai ibu termuda di dunia. Lina melahirkan pada usia 5 tahun, 7 bulan, dan 21 hari pada Mei 1939. Menurut sebuah laporan dalam jurnal La Presse Medicale, para dokter awalnya mengira perut Lina yang membesar adalah tumor, namun ternyata ia tengah hamil 7 bulan.

Melansir dari wikipedia.com, kehamilan pada usia muda atau remaja berisiko kelahiran prematur, berat badan bayi lahir rendah (BBLR), perdarahan persalinan, yang dapat meningkatkan kematian ibu dan bayi. Kehamilan pada remaja juga terkait dengan kehamilan tidak dikehendaki dan aborsi tidak aman.

4. Lahiran 2 kali dalam 2 bulan

Melansir dream.co.id, wanita bernama Annisa berasal dari Sulawesi Barat, melahirkan dua kali dalam waktu dua bulan. Ia tidak menyangka akan mengalami kehamilan aneh tersebut.

Awalnya Annisa melahirkan anak pertamanya yang berjenis kelamin laki-laki pada 9 Maret. Dua bulan kemudian ia merasakan sakit perut yang ternyata pertanda ia akan melahirkan lagi.

Kemudian pada 9 Mei Annisa melahirkan bayi keduanya berjenis kelamin perempuan. Bahkan dalam proses persalinan anak keduanya ini ia tak sempat mendapat pertolongan medis. Ia mengeluhkan sakit perut dan diperiksa oleh dukun, ternyata jabang bayi sudah siap untuk dilahirkan.

5. Bayi berumur 27 tahun

Dalam IVF, umum bagi beberapa pasutri untuk menyimpan sisa embrio agar dapat digunakan di kemudian hari atau disumbangkan. Nah, di kasus Tina Gibson dan suaminya, Ben, mereka menggunakan dua embrio IVF yang disimpan cukup lama, yaitu 27 tahun.

Anak pertama Tina dan Ben berasal dari embrio dari 24 tahun sebelumnya. Nah, saat mereka memutuskan untuk memiliki momongan lagi pada 2019, mereka menggunakan embrio dari donor yang sama agar mereka jadi saudara kandung.

Baca Juga: Deretan Wanita Pemegang Rekor Dunia yang Bisa Puaskan 919 Pria dalam 24 Jam

Hasilnya, bayi tersebut berasal dari sel telur beku yang disumbangkan pada 1992, atau 27 tahun sebelumnya. Periode tersebut merupakan yang terpanjang antara ekstraksi, pembekuan, pencairan, dan implantasi embrio untuk menghasilkan keturunan yang layak.

6. Lahir dari ibu terkecil di dunia

Stacey Herald dinobatkan oleh Guinness World Record menjadi "Ibu Terkecil di Dunia", sebab tingginya kurang dari 1 meter atau hanya 72,39 cm saja. Mengutip laman Guinness World Record, walaupun bertubuh pendek, ia berhasil melahirkan 3 anak.

Meskipun awalnya dokter memperingatkan bahwa kehamilan tersebut mengancam jiwa karena Stacey menderita osteogenesis imperfecta atau penyakit tulang rapuh. Tapi ternyata, ia membuktikan bahwa ia mampu melahirkan 3 anak. Tapi sayangnya, anak sulung dan bungsunya memiliki kelainan tulang sama seperti dirinya, sedangkan anak keduanya dikabarkan normal dan sehat.

7. Lahiran di usia menopause

Melansir wikipedia.com, menopause merupakan hal normal yang terjadi dalam fase kehidupan wanita. Biasanya, menopause ditandai dengan berhentinya produksi hormon reproduksi yang menyebabkan seorang wanita tidak lagi mengalami siklus menstruasi. Hal tersebut umumnya terjadi pada wanita berusia 45-55 tahun.

Namun, hal ini tidak berlaku pada Omkari Panwar adalah wanita tertua di dunia yang mampu melahirkan anak kembar pada usia 72 tahun pada Juni 2008. Wanita yang berasal dari India tersebut mengandung anak kembar laki-laki dan perempuan lewat program bayi tabung, serta melahirkan lewat operasi caesar.  (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga