Simak 4 Alasan Orang Takut Menikah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 08 Oktober 2022
0 dilihat
Simak 4 Alasan Orang Takut Menikah
Setiap orang secara fitrahnya punya keinginan untuk menikah, namun ada yang menunda bahkan takut karena alasan tertentu. Foto: Repro google.com

" Menikah merupakan bagian dari fase kehidupan manusia yang mesti dilakukan. Karena melalui pernikahan, manusia bisa melestarikan keturunannya untuk kehidupan masa depan "

KENDARI, TELISIK.ID - Menikah merupakan bagian dari fase kehidupan manusia yang mesti dilakukan. Karena melalui pernikahan, manusia bisa melestarikan keturunannya untuk kehidupan masa depan.

Hanya saja, seringkali seseorang menunda untuk menikah. Bukan karena tidak mau, tapi ada rasa takut atau kekhawatiran yang dia bayangkan jika menikah nantinya.

Pada umumnya, dikutip theasianparent.com, takut menikah biasanya juga disebut gamophobia. Hal ini adalah perasaan takut yang berlebihan akan komitmen atau pernikahan.

Baca Juga: Detik-Detik Pamungkas Gesek HP Penonton ke Alat Vital saat Nyanyi, Netizen: Jijik

Istilah gamophobia tersebut diambil dari bahasa Yunani yakni Gamos (pernikahan) dan Phobos (menikah). Jadi, apabila digabungkan secara harfiah, keduanya memiliki arti 'rasa takut untuk menikah'.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa alasan yang kerap kali membuat seseorang merasa takut menikah:

1. Punya kisah cinta yang pilu 

Pertama, karena dia cukup merasa trauma dengan kisah cintanya. Dia akan berpikir bahwa hubungan asmara saja bisa sesakit itu ketika sedang patah hati. Lantas, bagaimana dengan pernikahan? 

Tidak sedikit pula yang ketika menjalin hubungan asmara pernah merasakan banyak kisah pilu, seperti diselingkuhi, dikhianati, atau bahkan mendapatkan kekerasan. Hal itu meninggalkan luka yang mendalam. Makanya, mereka merasa takut untuk membangun kisah kembali, termasuk untuk menikah. 

2. Melihat kegagalan dari orang sekitar 

Ada pula orang yang merasa takut untuk menikah karena melihat pengalaman buruk dari orang lain yang berkaitan dengan pernikahan itu sendiri.

Misalnya adalah pengalaman orang tua yang berpisah meskipun telah menikah, lalu dirinya yang menjadi korban. Atau melihat keluarganya yang saling bermusuhan, setelah masing-masing menikah dan berkeluarga.

Ya, merasa takut akan hal itu merupakan sebuah perasaan yang wajar. Tentu dia memiliki luka batin yang sulit disembuhkan. Hanya perihal waktu dan bagaimana orang-orang sekitar membantu dan membuatnya pulih akan trauma di masa lalunya. 

3. Takut dengan tanggung jawab pasca menikah

Setelah menikah, memang akan banyak tanggung jawab yang harus diemban bersama. Mulai dari tanggung jawab untuk menjaga rumah tangga, perihal anak, sampai finansial merupakan tanggung jawab yang paling utama. Karena setelah menikah, tidak ada orang lain yang bisa diandalkan selain diri sendiri dan pasangan. 

Baca Juga: 8 Cara Alami Cegah Rambut Beruban

Kebanyakan orang merasa takut dengan bayangan finansial pasca menikah. Tidak dipungkiri, bahwa setelah menikah, kebutuhan memang bertambah. Oleh karenanya, banyak orang yang ingin menikah, tapi belum siap secara finansial. 

4. Takut salah pilih pasangan 

Semua orang ingin pernikahannya menjadi sekali seumur hidup. Tapi, bagaimana dengan mereka yang merasa salah pilih pasangan, kemudian berpisah? Banyak orang yang akhirnya merasa takut untuk menikah, dan menunda untuk menemukan seseorang yang benar-benar tepat menurut diri sendiri. 

Karena mereka memahami bahwa setelah menikah, maka tidak akan bisa bergonta-ganti pasangan. Menikah bukan merupakan suatu permainan. Maka, memang harus dipertimbangkan dengan matang. 

Nah, itulah beberapa alasan kenapa seseorang takut untuk melangsungkan pernikahan untuk membangun rumah tangga. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga