7 Minuman Ini Bisa Bantu Turunkan Kadar Gula Darah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 02 November 2022
0 dilihat
7 Minuman Ini Bisa Bantu Turunkan Kadar Gula Darah
Salah satu cara untuk menurunkan kadar gula darah adalah dengan mengkonsumsi minuman tertentu. Foto: Repro iStockphoto

" Penting bagi setiap orang untuk menjaga kadar gula darah tetap sehat, utamanya mereka yang hidup dengan diabetes "

KENDARI, TELISIK.ID - Penting bagi setiap orang untuk menjaga kadar gula darah tetap sehat, utamanya mereka yang hidup dengan diabetes.

Kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa memicu sejumlah masalah. Makanya harus selalu diperhatikan agar kadar gula dara bisa stabil.

Dikutip dari alodokter.com, kadar gula darah merupakan banyaknya zat gula atau glukosa di dalam darah. Meskipun senantiasa mengalami perubahan, kadar gula darah perlu dijaga dalam batas normal agar tidak terjadi gangguan di dalam tubuh.

Untuk menurunkan kadar gula darah ini agar bisa stabil dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah dengan mengkonsumsi jenis minuman tertentu.

Baca Juga: Simak 7 Cara Jitu Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Melansir cnnindonesia dari berbagai sumber, berikut beberapa minuman penurun kadar gula darah yang bisa dikonsumsi:

1. Air mineral

Air mineral adalah air terbaik yang bisa Anda teguk demi kesehatan. Air bekerja dengan membantu ginjal mengeluarkan kelebihan gula dalam darah.

Terbukti, sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition Research menemukan bahwa seseorang dengan asupan air yang rendah memiliki risiko hiperglikemia (gula darah tinggi) yang lebih tinggi dibanding mereka yang sering minum air.

2. Teh chamomile

Sebuah studi pada tahun 2016 menunjukkan bahwa orang yang minum teh chamomile tiga kali dalam sehari selama delapan pekan berturut-turut memiliki kontrol glikemik yang baik. Dengan catatan, teh chamomile diminum tanpa pemanis.

3. Kopi

Anda disarankan minum 1-2 cangkir kopi dalam sehari jika ingin mencegah lonjakan gula darah. Namun, efek tersebut bisa jadi maksimal jika kopi diminum tanpa tambahan krim dan gula.

Sebuah tinjauan pada tahun 2019 menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam kopi dapat membantu melawan peradangan dan stres oksidatif.

4. Teh hijau

Seperti kopi, teh hijau kaya akan polifenol. Dengan kandungan ini, teh hijau disebut efektif menurunkan risiko diabetes tipe-2.

Mengutip Mind Body Green, senyawa dalam teh hijau dapat menurunkan peradangan dan hormon stres dalam tubuh. Kondisi ini disebut dapat membantu melawan resistensi insulin.

Namun, Anda disarankan untuk meminum teh hijau tanpa pemanis tambahan agar lebih sehat.

5. Jus sayur

Alih-alih meminum jus buah yang tinggi gula, Anda bisa mencari alternatif jus lainnya lewat sayur.

Mengutip Healthline, Anda bisa membuat jus sendiri dengan bahan-bahan sehat seperti seledri, mentimun, atau sayuran berdaun hijau lainnya.

6. Susu rendah lemak

Meski mengandung vitamin dan mineral penting, namun susu menambahkan banyak karbohidrat dalam pola makan harian.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih susu rendah lemak atau bisa juga susu skim.

Baca Juga: WHO Ungkap Penyakit X Bisa Picu Pandemi Baru

Selain itu, Anda juga bisa menjadikan susu nabati sebagai alternatif. Anda bisa mencoba susu almond, oat, atau kedelai.

7. Kombucha

Kombucha masuk dalam daftar minuman penurun kadar gula darah. Kombucha merupakan minuman fermentasi yang terbuat dari teh hitam atau hijau.

Kombucha dikenal sebagai sumber probiotik yang baik. Probiotik membantu meningkatkan kemampuan kontrol gula darah, khususnya pada orang dengan diabetes. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga