5 Tips UMKM Mendongkrak Penjualan Online di Bulan Ramadan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 11 Maret 2024
0 dilihat
5 Tips UMKM Mendongkrak Penjualan Online di Bulan Ramadan
Momen bulan Ramadan menjadi peluang besar bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM lokal, untuk meningkatkan penjualan. Foto: Repro Freepik.com/odua

" Bulan Ramadan bukan hanya merupakan bulan suci bagi umat Islam, tetapi juga merupakan waktu yang penting bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan penjualan mereka secara online "

KENDARI, TELISIK.ID - Bulan Ramadan bukan hanya merupakan bulan suci bagi umat Islam, tetapi juga merupakan waktu yang penting bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan penjualan mereka secara online.

Dikutip dari bisnis.com, momen bulan Ramadan ini menjadi peluang besar bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM lokal, untuk meningkatkan penjualan.

Pasalnya, selama bulan Ramadan, tingkat kebutuhan masyarakat umumnya meningkat, termasuk kebutuhan akan makanan, pakaian, dan barang lainnya.

Karena itulah, banyak peluang bisnis yang dapat dibidik dan dimanfaatkan oleh pelaku UMKM selama bulan Ramadan. Apalagi, setiap bulan Ramadan, tercatat terjadi peningkatan penjualan produk hingga lebih dari tiga kali lipat.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Menghindari Asam Lambung Naik Saat Puasa Ramadan

Lantas, bagaimana cara memaksimalkan penjualan online di bulan Ramadan ini? Dilansir dari Suara.com - Jaringan Telisik.id yang dikutip dari keterangan tertulis Tokopedia, berikut beberapa tips buat para UMKM dalam memaksimalkan penjualan secara online di bulan Ramadan:

- Menjaga stok barang

Untuk memaksimalkan penghasilan, penting untuk menyiapkan stok barang yang mencukupi selama bulan Ramadan. Langkah ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan pesanan yang mungkin terjadi.

- Dekorasi halaman toko online

Meskipun menjual secara online, toko masih bisa didesain secara menarik untuk menarik perhatian calon pembeli. Platform penjualan online memiliki fitur yang memungkinkan untuk mendekorasi toko, contohnya dengan menggunakan banner promosi, sehingga calon pembeli akan tertarik untuk mengunjungi dan melihat produk yang ditawarkan.

- Promosi

Para pembeli cenderung mencari berbagai promosi selama bulan Ramadan. Oleh karena itu, penjual perlu memberikan berbagai promosi menarik seperti kupon diskon, voucher cashback, penawaran bebas ongkir, flash sale, dan lain sebagainya.

- Gunakan tren video pendek dan siaran langsung

Baca Juga: Tips Memilih Kaldu Jamur yang Sehat, Kaldu Jamur Totole Recommended Cocok Bagi Vegetarian

Coba manfaatkan fitur video pendek yang sedang tren saat ini. Dengan cara ini, Anda dapat memperlihatkan produk secara langsung sehingga calon pembeli semakin tertarik. Selain itu, melakukan siaran langsung juga akan memberikan informasi produk secara langsung kepada calon pembeli, meningkatkan kepercayaan terhadap barang yang ditawarkan.

- Evaluasi

Selalu lakukan evaluasi toko selama bulan Ramadan berlangsung. Platform penjualan online biasanya menyediakan fitur evaluasi yang memungkinkan penjual untuk meninjau berbagai hal seperti jumlah kunjungan, produk yang laris, produk yang belum terjual, ulasan pelanggan, dan lain sebagainya. Manfaatkan fitur ini sebagai pertimbangan untuk mengevaluasi apakah strategi yang diterapkan telah berhasil atau masih perlu penyesuaian.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa pelaku UMKM lakukan untuk memaksimalkan penjualan selama bulan suci Ramadan ini. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga