7 Universitas Terbaik di Asia Tenggara, Ada Indonesia?

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 12 September 2023
0 dilihat
7 Universitas Terbaik di Asia Tenggara, Ada Indonesia?
National University of Singapore (NUS) adalah universitas terkemuks di Asia Tenggara. Foto: Sudahbaca.com

" Memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan harus dipertimbangkan dengan matang. Perguruan tinggi dengan kualitas yang baik akan menghantarkan Anda pada prospek karir yang lebih baik pula "

KENDARI, TELISIK.ID - Memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan harus dipertimbangkan dengan matang. Perguruan tinggi dengan kualitas yang baik akan menghantarkan Anda pada prospek karir yang lebih baik pula.

Dilansir dari Kompas.com, perguruan tinggi yang tepat tidak hanya menyediakan lingkungan belajar yang memadai, tetapi juga menawarkan akses ke sumber daya, fasilitas, dan pengajar berkualitas. Dengan mempertimbangkan berbagai faktor, seperti reputasi akademik, program studi, lokasi, dan fasilitas, mahasiswa dapat memastikan bahwa mereka mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan tujuan mereka.

Melansir dari Quacquarelli Symonds lewat QS World University Rangkings 2024, terdapat beberapa perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara. Edisi ke-20 dari QS World University Rankings ini menyajikan daftar 1.500 institusi dari 104 wilayah, dengan menekankan 3 indikator penting yaitu keberlanjutan, hasil ketenagakerjaan, dan jaringan penelitian internasional.

Dikutip dari Sindonews.com, berikut 7 perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara:

Baca Juga: Siswi SMAN 1 Kendari jadi Duta Favorit pada Pemilihan Duta SMA Nasional 2023

1. National University of Singapore (NUS), Singapura

NUS adalah universitas terkemuka di Asia Tenggara dan sering kali menduduki peringkat teratas dalam daftar universitas terbaik di dunia. Didirikan pada tahun 1905, NUS telah menjadi pusat keunggulan akademik dan penelitian di berbagai disiplin ilmu.

NUS memiliki 17 fakultas dan sekolah di tiga kampus, dengan lebih dari 38 ribu pelajar dari 100 negara. Pendidikan transformasinya mencakup kurikulum yang ditegaskan oleh kursus multidisiplin dan pengayaan lintas fakultas.

NUS juga berupaya menciptakan lingkungan yang mendukung dan inovatif untuk mendorong usaha kreatif dalam komunitasnya.

2. Nanyang Technological University (NTU), Singapura

NTU adalah universitas terbaik kedua di Singapura. Universitas ini dikenal karena keunggulannya dalam teknologi, sains, dan disiplin ilmu terkait. Kampus ini sering menjadi tempat uji coba teknologi masa depan.

NTU menampung 33 ribu mahasiswa, menawarkan bidang teknik, sains, bisnis, humaniora, seni, ilmu sosial, dan pendidikan, serta memiliki sekolah kedokteran gabungan dengan Imperial College London.

3. Universiti Malaya (UM), Malaysia

Universiti Malaya, yang sering disingkat sebagai UM, adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di Malaysia. Berlokasi di Kuala Lumpur, UM memiliki sejarah yang panjang, didirikan pada tahun 1905, dan telah menjadi salah satu pusat pendidikan dan penelitian yang paling dihormati di Asia Tenggara.

Universiti Malaya dikenal karena berbagai program akademiknya yang unggul, dengan penekanan khusus pada ilmu sosial, sains, dan teknik.

4. Universiti Sains Malaysia (USM), Malaysia

USM adalah universitas tertua kedua di Malaysia dan salah satu universitas terkemuka di negara tersebut. USM memiliki 26 fakultas, yang menawarkan pendidikan sarjana dan pascasarjana serta studi berbasis penelitian bagi mahasiswa lokal dan internasional.

Fokus utama USM dalam pengembangan pendidikan tinggi adalah pada bidang Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Terapan, Kedokteran dan Kesehatan Sains, Ilmu Farmasi, Sains dan Teknologi Bangunan, Ilmu Sosial, Humaniora dan Pendidikan.

5. Universiti Putra Malaysia (UPM), Malaysia

Universiti Putra Malaysia (UPM) sebelumnya dikenal sebagai Universiti Pertanian Malaysia yang didirikan pada tahun 1971 melalui penggabungan Fakultas Pertanian, Universitas Malaya, dan Sekolah Tinggi Pertanian di Serdang.

Fokus utama Universiti Putra Malaysia adalah di bidang pertanian, sains hayati, dan sains pertanian. Kampus ini adalah salah satu institusi terkemuka di Malaysia dalam bidang tersebut.

6. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

Malaysia Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) atau Universitas Nasional Malaysia didirikan pada tahun 1971 yang terletak berdekatan dengan kota administrasi Malaysia Putrajaya di pinggiran kota administrasi Malaysia.

Baca Juga: Siswa SMAN 4 Kendari Wakili Sulawesi Tenggara Parlemen Remaja Nasional 2023

UKM adalah universitas nasional Malaysia dan dikenal karena penekanannya pada penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

7. Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia

UTM awalnya merupakan sekolah teknik yang mulai beroperasi di Weld Road, Kuala Lumpur pada tahun 1904 untuk mengajar Asisten Teknis untuk Departemen Perkeretaapian, Survei dan Pekerjaan Umum Negara Federasi Melayu.

Hingga pada tahun 1941, sekolah ini ditingkatkan statusnya menjadi perguruan tinggi. Saat ini, UTM memiliki 10 fakultas yang menawarkan program sarjana dan pascasarjana di Fakultas Lingkungan Buatan, Fakultas Teknik Sipil, Fakultas Teknik Kimia dan Sumber Daya Alam, Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknik Geoinformasi, Fakultas Komputer Sains dan Sistem Informasi, Fakultas Sains, Fakultas Pendidikan, serta Fakultas Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga