7 Wisata Dingin di Indonesia, Ada Sulawesi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 10 Oktober 2022
0 dilihat
7 Wisata Dingin di Indonesia, Ada Sulawesi
Berlokasi di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Mulia adalah sebuah kota pegunungan kecil yang terletak pada ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut. Foto: Repro reddoorz.com

" Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia memiliki suhu udara yang tergolong cukup tinggi. Bila ingin merasakan wisata dingin sejuk seperti di luar negeri, tak perlu jauh-jauh, kini anda bisa menikmatinya hanya di Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia memiliki suhu udara yang tergolong cukup tinggi. Ingin merasakan wisata dingin sejuk seperti di luar negeri? Tak perlu jauh-jauh, kini anda bisa menikmatinya hanya di Indonesia.

Bagi yang ingin wisata di tengah kesejukan atau mungkin bulan madu di hawa yang adem, berikut pilihan wisata berhawa dingin di Indonesia, dilansir dari berbagai sumber yaitu:

1. Dieng, Jawa Tengah

Mengutip cnnindonesia.com, destinasi wisata pegunungan di Jawa Tengah ini menyuguhkan beragam objek berhawa dingin, mulai dari Kompleks Candi Arjuna, Bukit Sikunir, Kawah Sikidang, sampai Gunung Prau.

Gunung Prau populer dikunjungi wisatawan untuk menikmati fenomena golden sunrise alias matahari terbit berwarna keemasan. Namun, pendakian di sini dilakukan sejak dini hari, di tengah suhu udara yang bisa mencapai 3 derajat Celcius.

Selain yang berada di bukit atau di gunung, objek wisata lain di Dieng yang menyuguhkan hawa sejuk seperti Telaga Pengilon dan Telaga Warna.

2. Padang Panjang, Sumatera Barat

Melansir reddoorz.com, terletak 650 hingga 950 meter di atas permukaan laut, Padang Panjang memiliki udara yang cukup dingin. Terdapat tiga gunung yang mengelilingi kota itu, yaitu Gunung Merapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Tandikat, sehingga tidak mengherankan jika Padang Panjang memiliki cuaca yang sejuk. Curah hujan di sini pun cukup tinggi dengan rata-rata 3.295 mm per tahun dan suhu udara terendah 21.8 derajat Celcius.

3. Baturraden, Jawa Tengah

Terletak di daerah pegunung tepatnya di sebelah selatan Gunung Slamet, dengan ketinggian 980 meter di atas permukaan laut, Baturraden adalah salah satu kota kecil di Purwokerto. Posisi ini menjadikan Baturraden memiliki suhu yang sejuk pada siang hari dan dingin ketika malam tiba. 

Baca Juga: Ramah Kantong, Ini Tempat Healing Favorit Anak Muda di Akhir Pekan

Walau termasuk kota kecil, Baturraden memiliki objek wisata alam yang menarik, seperti Air Terjun Pancuran Pitu dan Pancuran Telu, bumi yang pernah digunakan sebagai tempat Jambore Nasional, dan sebuah kompleks wisata edukasi yang menyimpan banyak satwa dari penjuru dunia, yaitu Kaloka Widya Mandala.

4. Malino Highlands, Sulawesi Selatan

Dikutip dari indonesia.tripcanvas.co, tempat yang dulunya berjarak 2,5 jam dari Kota Makassar ini hanyalah lahan perkebunan teh biasa, namun karena lokasinya begitu indah dan menjanjikan, akhirnya disulap menjadi sebuah objek wisata alam yang sejuk untuk seluruh keluarga.

Kegiatan dan fasilitas yang bisa dilakukan di sini pun sangat beragam, mulai dari paralayang, menunggang kuda, petting zoo, kebun bunga, bungee jumping, trampolin, bersepeda, dan masih banyak lagi. 

5. Tomohon, Sulawesi Utara

Temperatur udara yang berkisar antara 18-20 derajat celcius, menjadikan kota yang diapit oleh Gunung Lokon dan Gunung Mahawu jadi destinasi liburan favorit warga Sulawesi Utara.

Objek wisata andalannya adalah Danau Linow yang memiliki keunikan tersendiri, karena warna airnya dapat berubah-ubah dari hijau toska, biru dan kuning kecokelatan akibat tingginya kadar belerang serta pembiasan sinar matahari.

Datanglah pada pagi hari untuk menikmati keindahan danau ini, karena suasananya yang tenang dan elok. Duduk-duduk di tepi danau yang indah sambil itemani dengan secangkir kopi atau teh hangat tentu akan membuat pikiran lebih jernih.

6. Mulia, Papua

Berlokasi di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Mulia adalah sebuah kota pegunungan kecil yang terletak pada ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut. Meski kecil, Mulia sudah ramai dengan kehadiran banyak kantor pemerintahan.

Baca Juga: Keindahan Punden Rejo Deli Serdang, Objek Wisata yang Sajikan Nuansa Alam

Jalan-jalan sudah beraspal dan infrastruktur pendukung pun sudah mencukupi meski jumlahnya masih sedikit. Mulia memiliki satu bandara kecil yang hanya bisa dilandasi oleh pesawat jenis Caravan yang berisi Sembilan orang saja. Untuk ke sini, Anda bisa naik pesawat selama sekitar satu jam dari Jayapura.

7. Berastagi, Sumatera Utara

Terletak di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, Berastagi yang berlokasi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, memiliki udara yang cukup dingin. Diapit oleh Gunung Sibayah dan Gunung Sinabung, Berastagi memiliki pemandangan yang indah, seperti Air Terjun Sikulipat.

Sekitar 1,5 jam dari Berastagi, Anda pun bisa mengunjungi Danau Toba yang tak kalah indah. Selain wisata alam, Berastagi memiliki wisata sejarah, seperti Frsa Lingga dan Tongkoh. Bagi Anda yang suka buah, Berastagi bisa menjadi tempat yang cocok untuk berbelanja, karena Berastagi juga dikenal sebagai penghasil buah terbaik di Sumatera Utara. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga