78 Kotak Suara Pikades Serentak di Buton Utara Dijamin Aman

Aris, telisik indonesia
Sabtu, 25 Juni 2022
0 dilihat
78 Kotak Suara Pikades Serentak di Buton Utara Dijamin Aman
78 kotak suara pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Buton Utara diamankan di ruangan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Foto: Aris/Telisik

" Saat ini kotak suara yang berjumlah 78 kotak itu diamankan di ruangan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Buton Utara "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Puluhan kotak suara yang berisi surat suara hasil pemilihan kepala desa (pilkades) serentak Kabupaten Buton Utara pada 19 Juni 2022 dijamin keamanannya.

Saat ini kotak suara yang berjumlah 78 kotak itu diamankan di ruangan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Buton Utara.

Kepala Dinas PMD, Mohammad Amaluddin Mokhram mengatakan, ruangan yang menjadi tempat penyimpanan puluhan kotak suara pilkades serentak itu dalam kondisi steril, karena adanya kotak suara di ruang kerjanya.

"Kan selama ini diamankan ini, saya baru masuk hanya untuk menata saja, tapi sebenarnya saya, saya terima tamu saja di luar," ucap Amaluddin ditemui di ruang kerjanya beberapa hari lalu.

Terpisah, Kepala Bidang Pemerintah Desa (Kabid Pemdes), Almin menjelaskan, kotak suara yang diamankan di ruang kerja kepala dinas itu, akan diamankan sampai selesainya pelantikan kepala desa terpilih.

Baca Juga: Dianggap Daerah Potensi, Tiga Kabupaten di NTT Diharapkan Jadi Sentra Kedelai

Saat ditanya apakah kotak suara itu tidak akan dibuka untuk dihitung ulang surat suara di dalamnya, Almin menjawab, kecuali desa-desa yang bermasalah, dalam hal ini jika memiliki sengketa.

"Kecuali desa-desa yang bermasalah baru dihitung ulang," kata Almin, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: Restorative Justice, Dua Perkara Pidum Kejari Muna Tunggu Penetapan Kejagung

Diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara telah selesai melaksanakan pilkades serentak pada 19 Juni 2022. Terdapat 39 desa yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Buton Utara yang telah usai melaksanakan pilkades serentak.

Sesuai tahapan, pada Jumat 24 Juni 2022, 39 desa di Buton Utara itu telah dilakukan penetapan calon kepala desa terpilih. Namun dari 39 desa yang melaksanakan pilkades, terdapat 1 desa yang bersengketa yakni Desa Bubu Barat, Kecamatan Kambowa. (B)

Penulis: Aris

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga