7970 Warga Wakatobi Terima BST Tahap Pertama

La Ode Arjuno Emang Sah, telisik indonesia
Jumat, 08 Mei 2020
0 dilihat
7970 Warga Wakatobi Terima BST Tahap Pertama
Penyeharahan secara simbolik BST oleh Bupati Wakatobi H Arhawi. Foto: Juno/Telisik

" Data yang telah dihimpun oleh Dinsos sebesar 8176. Setelah dia keluar 7970 KK sehingga kurang lebih 206 yang belum terakomodir melalui BST. Kita tetap perjuangkan dan bila tidak bisa diperjuangkan Pemda mengambil langkah agar mereka mendapat bantuan seperti keluarga lain. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi, mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI untuk percepatan penanganan COVID-19.

Penyaluran BST tersebut diterima masyarakat Wakatobi dengan dua cara, yakni melalui perbankan sebanyak 1053 Kepala Keluarga yang diterima pertanggal 21 April 2020. Sedangkan sisanya sebanyak 6917 menerima BST melalui kantor Pos Giro cabang Wakatobi dan di salurkan langsung oleh Dinas Sosial Kabupaten Wakatobi.

Bupati Wakatobi, H Arhawi saat menyerahkan bantuan menyatakan bahwa, dari 8176 warga yang diusulkan oleh Pemda Wakatobi ke Kemensos RI, namun  yang terealisasi hanya 7970 Kepala Keluarga.

Baca juga: DPRD Buteng Cek Gudang Bulog Pastikan Stok Pangan Aman

"Data yang telah dihimpun oleh Dinsos sebesar 8176. Setelah dia keluar 7970 KK sehingga kurang lebih 206 yang belum terakomodir melalui BST. Kita tetap perjuangkan dan bila tidak bisa diperjuangkan Pemda mengambil langkah agar mereka mendapat bantuan seperti keluarga lain," ujarnya Jumat (8/5/2020).

Di kesempatan itu juga Arhawi, mengakui penyaluran BST di Wakatobi terbilang lambat dibanding kabupaten lain, pasalnya pemerintah daerah masih melakukan sinkronisasi data agar dalam penerimaan bantuan, agar tidak dobel penerima, mengingat banyaknya bantuan yang akan tersalur ke masyarakat.

"Dari 8000 lebih ini ada bantuan dari Pemprov totalnya sekitar 2000 kpm. Banyak bantuan yang turun maka Pemda selalu berhati-hati jangan sampai ada pemberian yang dobel. Jadi biarkan orang berkata terlambat tidak masalah. Pemerintah tetap bekerja sesuai protokeler dari Kemenkes," tuturnya.

Baca juga: Kabar Gembira, Dua PDP Bombana Negatif Corona

Di kesempatan yang sama Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wakatobi, Jamrudin menegaskan untuk menghindari terjadi kerumunan warga pihaknya menerapakan jadwal penyaluran yang dimulai dari Kecamatan Wangi-wangi, Kecamatan Wangsel, menyusul Pulau Binongko, Pulau Tomia dan Pulau Kaledupa.

"Kita mulai dari kemarin adalah, Kelurahan Pongo Kecamatan Wangiwangi dan Desa Liya Raya. Proses penyaluran sengaja kita buatkan skedul supaya teratur sesuai protokol penanganan COVID-19," singkatnya.

Untuk diketahui di hari yang sama Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi juga melaunching penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bertempat di aula Kantor Camat Wangi-wangi.

Reporter: Juno

Editor: Sumarlin

Baca Juga