86 Desa di Konsel Bersiap Pilkades

Ashar Hamka, telisik indonesia
Kamis, 03 Februari 2022
0 dilihat
86 Desa di Konsel Bersiap Pilkades
Pemilihan kepala desa serentak di Konsel segera digelar. Foto: Demokratis.co.id

" Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konsel, Anas Mas'ud menyebutkan, tahapan Pilkades serentak tersebut akan dimulai "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Perhelatan pesta demokrasi tingkat desa atau Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Konawe Selatan (Konsel) sedang dipersiapkan. Di tahun 2022 ini, sebanyak 86 desa yang tersebar di 25 kecamatan bersiap menggelar Pilkades secara serentak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konsel, Anas Mas'ud menyebutkan, tahapan Pilkades serentak tersebut akan dimulai Senin (7/2/2022) mendatang.

“Jika tak ada aral, dari 25 kecamatan yang ada di wilayah Konawe Selatan, sebanyak 24 kecamatan pada tahun ini akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak,“ ujarnya.

Mantan Kadis Kominfo Konsel ini menguraikan, 24 kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Andoolo sebanyak 2 desa, Andoolo Barat 1 desa,  Angata 5 desa, Basala 2 desa, Baito 1 desa, Benua 1 desa, Buke 1 desa, Kolono Timur 2 desa, Konda 7 desa, Laeya 2 desa, Lalembu 5 desa, Landono 7 desa, Laonti 13 desa, Moramo 3 desa, Moramo Utara 3 desa, Mowila 9 desa, Palangga 1 desa, Palangga Selatan 1 desa, Ranomeeto 5 desa, Ranomeeto Barat 2 desa, Sabulakoa 7 desa, Tinanggea 2 desa dan Kecamatan Wolasi 3 desa.

Baca Juga: Omicron Meningkat, Polrestabes Surabaya Masif Kampanye Prokes

Annas juga menjelaskan, tahapan awal dimulai dengan tahapan pembentukan panitia Pulkades oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Dengan kriteria jika jumlah wajib pilih di bawah 1.000 orang, maka panitia sebanyak 9 orang. Jika wajib pilih di atas 1.000 orang, maka panitianya berjumlah 11 orang. Untuk tahapan pemungutan suara Pilkades, bakal dilaksanakan pada 22 Mei 2022 mendatang.

"Kami berharap di Pilkades nanti masyarakat dapat berperan untuk mensukseskannya, karena pemilihan kepala desa ini hanya dilaksanakan 6 tahun sekali di setiap desa," paparnya.

Baca Juga: Tender Proyek PLTD Busel Gagal Lelang

"Semoga pemilihan ini dapat berjalan sesuai dengan harapan kita bersama, tidak ada masalah dan kendala, lebih lagi upaya pencegahan COVID-19 dalam pelaksanaan Pilkades benar-benar diperhatikan oleh panitia," tutup Annas Mas’ud. (C)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Kardin

Baca Juga