9 Desa di Pulau Sumba Nusa Tenggara Timur Masuk Listrik, Warga Merasa Merdeka

Berto Davids, telisik indonesia
Rabu, 12 Juli 2023
0 dilihat
9 Desa di Pulau Sumba Nusa Tenggara Timur Masuk Listrik, Warga Merasa Merdeka
Warga sembilan desa di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur merasa merdeka saat dapat listrik. Foto: Ist.

" PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur terus berkomitmen mengalirkan listrik untuk memenuhi kebutuhan warga. Baru-baru ini PLN memenuhi kebutuhan listrik untuk warga sembilan desa di Pulau Sumba "

KUPANG, TELISIK.ID - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur terus berkomitmen mengalirkan listrik untuk memenuhi kebutuhan warga. Baru-baru ini PLN memenuhi kebutuhan listrik untuk warga sembilan desa di Pulau Sumba.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur, I Gede Agung Sindu Putra mengatakan, hal itu berkaitan dengan progres pembangunan listrik desa pada 2023. Ke sembilan desa yang mendapat aliran listrik PLN yaitu Tana Mbanas Barat, Pero, Mareda Wuni, Waimakaha, Buru Kaghu, Laboya Dete, Watu Karere, Karang Indah, dan Nangga Mutu.

Ia menyebutkan, penyalaan pertama listrik sudah dilakukan pada sebanyak 76 rumah warga dari potensi pelanggan sebanyak 308 rumah.

Baca Juga: Kasus Malaria Terbanyak Nusa Tenggara Timur Ada di Pulau Sumba

Baca Juga: Kejaksaan Reo Temukan Bukti Permulaan Dugaan Penyelewengan Dana Desa Golo Wontong Manggarai Timur

Sindu Putra menjelaskan, untuk menghadirkan listrik di sembilan desa dan sembilan dusun ini, PLN membangun jaringan tegangan menengah sepanjang 33,10 kilometer sirkit (kms), jaringan tegangan rendah sepanjang 67,65 kms, dan 10 unit gardu dengan kapasitas 500 kilovolt ampere (kVA). Ia berharap, hadirnya listrik untuk warga Sumba Tengah dapat dimanfaatkan secara optimal untuk berbagai sektor pembangunan terutama perekonomian warga desa.

Sementara itu, warga Pulau Sumba Paulus, merasa senang dengan masuknya listrik. Ia bilang warga sembilan desa di Pulau Sumba sudah merdeka dari kegelapan.

"Selama ini merindukan listrik. Ingin merdeka dari kegelapan. Terima kasih kepada pemerintah dan pihak PLN," kata Paulus. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga