Kasus Malaria Terbanyak Nusa Tenggara Timur Ada di Pulau Sumba

Berto Davids, telisik indonesia
Kamis, 15 Juni 2023
0 dilihat
Kasus Malaria Terbanyak Nusa Tenggara Timur Ada di Pulau Sumba
Penanganan kasus malaria di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Foto: Ist.

" Kasus malaria terbanyak di Nusa Tenggara Timur terdapat di Pulau Sumba. Hal itu berdasarkan laporan pada sistem informasi malaria (sismal) "

SUMBA, TELISIK.ID - Kasus malaria terbanyak di Nusa Tenggara Timur terdapat di Pulau Sumba. Hal itu berdasarkan laporan pada sistem informasi malaria (sismal).

Konsultan Malaria UNICEF se-Pulau Sumba, Rensat Tino mengatakan, berdasarkan laporan kasus pada sismal, kondisi sampai Mei 2023, 85,72 persen kasus malaria di Nusa Tenggara Timur masih berasal dari Pulau Sumba.

Data itu kata dia, belum menggambarkan kondisi yang sebenarnya, karena masih ada kasus yang belum terlaporkan dari semua fasilitasi kesehatan dari 4 kabupaten se-Pulau Sumba.

Baca Juga: Oknum Polisi di Nusa Tenggara Timur Resmi Jadi Tersangka Pencabulan Gadis 16 Tahun

Ia menambahkan, secara endemisitasi sampai Mei 2023 Sumba Timur telah menjadi kabupaten endemis tinggi, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya endemis sedang, Sumba Tengah endemis rendah.

Jika dilihat dari sebaran kasus tidak merata pada semua desa/kecamatan, seperti di Sumba Barat 73 persen kasus dari 4 desa di Kecamatan Laboya Barat, Sumba Barat Daya 62 persen kasus dari 14 desa di Kecamatan Kodi Balagar.

"Sedangkan di Sumba Timur 73 persen kasus tersebar di 7 kecamatan dari 22 kecamatan yang ada, tertinggi dari 7 desa Kecamatan Mahu 16,8 persen," jelasnya, Kamis (15/6/2023).

Baca Juga: Eks Wali Kota Kupang Yakin Ganjar Menang di Nusa Tenggara Timur

Sementara itu, Kabid P2P Sumba Barat, Welem Ratu menjelaskan, UNICEF, Dinas Kesehatan Dukacapil Nusa Tenggara Timur melaui Mitra DPW PPNI, serta pemkab di Pulau Sumba melakukan intervensi prioritas pada kecamatan endemis tinggi di 3 Kabupaten.

"Ini bertujuan agar adanya komitmen bersama dan rencana aksi yang terukur detail dengan timeline aksi di lapangan," ujarnya. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga